Pupuk Bersubsidi Langka, Petani Abdya Resah

Peristiwa tersebut sangat meresahkan petani karena mereka membutuhkan pemupukan tanaman padi yang baru ditanam.

Pupuk Bersubsidi Langka, Petani Abdya Resah
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
ILUSTRASI -- Penyidik Polres Aceh Singkil menangkap sedikitnya 18 sak pupuk bersubsidi jenis ZA yang belum digunakan. Diduga selama ini pupuk bersubsidi di Kota Subulussalam banyak diselewengkan ke perkebunan kelapa sawit berskala besar. Foto direkam, Minggu (6/4/2014). SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Peristiwa kelangkaan pupuk bersubsidi jenis NPK Ponskha, ZA dan SP-36 terjadi lagi di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pantauan Serambinews.com, Rabu (10/1/2018), stok ketiga jenis pupuk bersubsidi tersebut tidak tersedia lagi di kios-kios pengecer resmi kawasan Kota Blangpidie, selama Januari 2018, kecuali pupuk Urea, itu pun dalam jumlah terbatas.

Peristiwa tersebut sangat meresahkan petani karena mereka membutuhkan pemupukan tanaman padi MT Rendengan 2017/2018 yang baru ditanam.

(Baca: Pupuk Langka Ratusan Petani di Abdya Serbu Toko Pupuk)

Salah seorang pemilik kios pengecer resmi di Jalan H Ilyas Blangpidie mengakui banyak petani selama pekan-pekan terakhir bolak-balik meminta pupuk, namun tidak bisa dilayani lantaran stok tidak tersedia.

Sementara kebutuhan pupuk bersubsidi mulai mendesak, setelah dilakukan penanaman MT Rendengan 2107/2018 yang luasnya mencapai 10.500 ha tersebar di sembilan kecamatan.

Sedangkan pupuk bersubsidi yang dibutuhkan tidak tersedia di kios-kios resmi. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved