Seribuan Peserta Ikut Seminar Tahfidzul Quran

Sekitar 1.100 peserta mengikuti Seminar Internasional Tahfidzul Quran yang berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy

Seribuan Peserta Ikut Seminar Tahfidzul Quran
SERAMBI/ABDULLAH GANI
BUNGA MAGHFIRAH (11), santri terbaik (tengah) didampingi ibunya (kiri) mendapat piagam penghargaan dari Pembina Tahfidzul Qur'an, H Sibral Malsyi (kanan) pada wisuda angkatan ke 2 di Meureudu 

BANDA ACEH - Sekitar 1.100 peserta mengikuti Seminar Internasional Tahfidzul Quran yang berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Minggu (14/1). Kegiatan itu diselenggarakan Dai Peduli bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ar-Risalah, Quran Aplikasi Forum (QAF) dan LT3Q El Mas’udi Aceh.

Seminar yang bertemakan “Wonderful Quran (The Light of Life)” ini diisi oleh pemateri internasional. Para pemateri tersebut yaitu Imam Masjid Abdullah Azzam Gaza Palestina, Syeikh Mahmoud Said Kamal, Direktur LT3Q El Mas’udy Aceh, Abi Mas’ud Irhamullah dan Pemeran Film Tausyiah Cinta, Dodi Hidayatullah.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim mengharapkan, kegiatan itu selain mampu memotivasi peserta untuk menghafal Alquran, juga harus dapat mengamalkannya. Ia berharap acara itu memberi banyak manfaat dan dapat dilanjutkan pada masa yang akan datang.

Prof Farid menambahkan, saat ini di UIN Ar-Raniry, penghafal 20 juz dibebaskan biaya SPP serta diprioritaskan mendapat beasiswa. “Begitulah penghafal Alquran dimuliakan dan Allah tidak mungkin menghinakan orang yang menjaga Alquran,” katanya.

Sementara Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyebutkan, warga Banda Aceh semakin mencintai Alquran. Hal itu dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang begitu antusias mempelajari Alquran, baik belajar membaca, menghafal, tafsir maupun belajar seni membaca Kalam Ilahi dengan suara yang indah.

“Dan pada hari ini juga merupakan bukti bahwa masyarakat Kota Banda Aceh begitu mencintai Alquran, yaitu dengan banyaknya peserta yang telah berpartisipasi untuk mengikuti acara seminar internasional ini,” ungkapnya.

Wali kota berharap agar acara-acara bermanfaat seperti ini dapat diadakan secara berkala dan berkesinambungan demi membumikan Alquran di Kota Banda Aceh dan Aceh pada umumnya. Dikatakan Aminullah, Pemko Banda Aceh mempunyai komitmen yang tinggi dan sangat mendukung semua kegiatan syiar Islam, termasuk upaya-upaya untuk membumikan Al-Quran di tengah-tengah masyarakat kota.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved