Maulidan, Cara Pedagang Aceh Menjaga Silaturahmi di Sumatera Utara  

Selain menjadi ajang menjaga silaturahmi, melalui Maulidan ini para pedagang biasanya saling bertukar pikiran tentang bisnis yang mereka geluti.

Maulidan, Cara Pedagang Aceh Menjaga Silaturahmi di Sumatera Utara   
SERAMBINEWS.COM/RAHMAD WIGUNA
Panita peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439H berfoto bersama seusai acara yang diadakan di Gedung MCC, Deliserdang, Sumut, Sabtu (20/1/2018). 

Laporan Rahmad Wiguna | Sumatera Utara 

SERAMBINEWS.COM, MEDAN – Seribuan pedagang asal Aceh menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW 1439H yang diadakan di Gedung MCC, Jalan Medan – Binjai KM 15, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sabtu (20/1/2018).

Acara yang digagas Forum Pedagang Aceh (FPA) Deliserdang, Sumatera Utara ini memang selalu menjadi momen istimewa bagi para pedagang.

Selain menjadi ajang menjaga silaturahmi, melalui Maulidan ini para pedagang biasanya saling bertukar pikiran tentang bisnis yang mereka geluti.

“Kami bisa saling mengenal lebih baik antar-sesama pedagang dan memberi dukungn bagi pedagang yang sedang merintis usahanya,” kata Sekretaris Umum FPA, Mukhtar Ibrahim.

Mukhtar menjelaskan, FPA didirikan 2012 dan saat ini sudah memiliki anggota lebih seribu pedagang.

Menurutnya para pedagang asal Aceh dominan memilih kawasan Medan Sunggal dan Kecamatan Sunggal, Deliserdang sebagai basis usahanya. Makanya wajar bila peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439H diadakan di kawasan Sunggal.

Ketua FPA Salahuddin memang sengaja membalut setiap petemuan anggota FPA dengan kegiatan keagamaan. Tujuannya tak lain agar anggota FPA selalu bersyukur dengan rezeki yang dilimpahkan Allah SWT.

“Sebenarnya setiap bulan kami ada rutin pengajian, tapi Maulid ini memang spesial. Ini wujud rasa syukur kami, dan bagian upaya kami untuk mencontoh tauladan nabi yang juga seorang pedagang,” terang Salahuddin.

Acara ini dihadiri juga komunitas Aceh lainnya, seperti keluarga besar Aceh Sepakat, Ikatan Pemuda Tanah Rencong (IPTR), Forum Komunikasi Masyarakat Bireuen (FKMB) dan organisasi lainnya, termasuk dari panti asuhan. (*)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved