4 Mantan Anggota Perunding GAM ke Helsinki, Ahtisaari: Setelah RI-GAM Damai Kami Kebanjiran Order

Setelah sukses memediasi perundingan RI-GAM, kini CMI kebanjiran permintaan untuk memediasi konflik di berbagai penjuru dunia.

4 Mantan Anggota Perunding GAM ke Helsinki, Ahtisaari: Setelah RI-GAM Damai Kami Kebanjiran Order
IST
Empat mantan juru runding GAM, M Nur Djuli, Shadia Marhaban, Munawar Liza Zainal, dan Bachtiar Abdullah berkunjung ke Kantor Crisis Management Initiative (CMI) di Helsinki, Finlandia, dan bertemu pimpinan lembaga itu, Martti Ahtisaari, Rabu (24/1/2018). 

Laporan Yarmen Dinamika I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Empat orang mantan anggota tim perunding GAM berada di Helsinki, Finlandia, Rabu (24/1/2018) siang.

Mereka adalah Munawar Liza Zainal, M Nur Djuli, dan Shadia Marhaban yang datang khusus dari Aceh. Satu lagi, Bachtiar Abdullah datang dari Stockholm, Swedia.

Tujuan utama mereka berkumpul di Helsinki adalah untuk bertemu dengan pendiri Crisis Management Initiative (CMI), Martti Ahtisaari yang sekaligus mediator perundingan antara Pemerintah RI dan GAM pada 2005 silam.

Ia juga mantan presiden Finlandia yang disegani di Eropa. "Ini bentuk tanggung jawab moral kami terhadap keberlanjutan perdamaian di Aceh," kata Munawar Liza saat menghubungi Serambinews.com dari Helsinki malam ini.

Saat pertemuan berlangsung, Kota Helsinki sedang bersalju tebal, dengan suhu minus 12 derajat Celcius.

"Pertemuan ini bermula dari hubungan-hubungan selama ini yang berlangsung antara CMI dengan para perunding, untuk saling meng-update kondisi terkini di Aceh," kata Munawar Liza.

(Baca: Apa Karya: Peringatan MoU Helsinki bukan dengan Hura-hura, Seperti Makan Nasi Goreng)

(Baca: VIDEO: 12 Tahun MoU Helsinki, Mantan GAM Gelar Doa Bersama)

(Baca: 12 Tahun MoU Helsinki, Pemerintah Aceh Santuni 1.277 Anak Yatim)

Halaman
123
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved