KIP Pidie Susun Draf Dapil

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie menyusun draf daerah pemilihan (dapil) dan jumlah kursi untuk pemilihan

KIP Pidie Susun Draf Dapil
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Sosialisasi dapil KIP Aceh Barat 

SIGLI - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie menyusun draf daerah pemilihan (dapil) dan jumlah kursi untuk pemilihan umum legislatif pada tahun 2019. Jika merunut jumlah penduduk Pidie sekitar 437.740 jiwa, maka Pidie mendapat lima dapil dengan 40 kursi.

Draf itu dibahas dalam rapat koordinasi penataan daerah pemilihan dengan staekholder di Hotel Safira Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, Selasa (23/1). KIP Pidie perlu membahas draf dapil dan jumlah kursi sebelum diusulkan ke KPU Pusat melalui KIP Aceh.

Ketua Divisi Teknis KIP Pidie, Teuku Samsul Bahri, kepada Serambi, Selasa (23/1), mengatakan, proses penyusunan draf dapil dan perolehan kursi legislatif Pidie ditetapkan sesuai dengan jumlah penduduk.

Untuk itu, KIP Pidie mengundang sejumlah pemangku kepentingan dari unsur forum keuchik, tokoh masyarakat, perwakilan disabilitas, dan pemuda untuk mengetahui proses penyusunan draf yang dijabarkan KIP Pidie.

Menurutnya, perumusan draf dapil dan penentuan kursi dilakukan menganut azas demokrasi yang melibatkan semua semua stakeholder. Sehingga nantinya dapat terwakili masing-masing dapil, khusus untuk pemilihan anggota legislatif kabupaten/kota. Adapun untuk dapil DPR dan DPRA, telah ditetapkan KPU yang mengacu kepada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Untuk penentuan jumlah kursi dan dapil, kata Samsul, KIP Pidie akan mengelar rapat koordinasi terakhir dengan unsur partai politik untuk finalisasi. Draft dapil yang telah tersusun akan diusul ke KPU Pusat melalui KIP Aceh untuk ditetapkan sebagai dapil Pemilu Legislatif 2019.

“Jika kita urut sesuai dengan jumlah penduduk di Pidie yang kini berjumlah sekitar 437.740 jiwa, maka terdapat lima dapil dan 40 kursi,” sebut T Samsul.

Ia merincikan, jumlah dapil di Pidie, yakni dapil satu meliputi Kecamatan Kota Sigli, Pidie, Grong-Grong dan Mila dengan delapan kursi. Berikutnya, dapil dua terdiri dari Kecamatan Indrajaya, Mutiara, Peukan Baro, dan Simpang Tiga dengan delapan kursi. Sementara untuk dapil tiga, Kecamatan Glumpang Tiga, Kembang Tanjong, Mutuara Timur dan Glumpang Baro dengan delapan kursi.

Sedangkan dapil empat, Kecamatan Geumpang, Sakti, Tangse, Keumala, Manee dan Titeue, delapan kursi. Dapil lima meliputi Kecamatan Delima, Batee, Padang Tiji dan Muara Tiga, dengan komposisi delapan kursi.(naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved