Breaking News:

Penjelasan Quraish Shihab Soal Bumi Datar Hingga Kencing Unta

Dalam video berdurasi 6 menit 27 detik tersebut, terlihat Quraish Shihab menjelaskan bagaimana Islam memandang perkembangan iptek.

sumsel.tribunnews.com
Quraish Shihab 

SERAMBINEWS.COM - "Ilmu tanpa agama pincang, agama tanpa ilmu buta", kutipan terkenal Albert Einstein tersebut terus menjadi perdebatan. Salah satunya bagaimana sebuah agama menerima perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Di Indonesia, banyak orang penasaran bagaimana agama Islam dan Al Quran menyikapi perkembangan iptek. Sebuah video yang diunggah oleh Najwa Shihab Senin (22/01/2018) mencoba menjawab rasa penasaran tersebut.

Dalam video berdurasi 6 menit 27 detik tersebut, terlihat Quraish Shihab menjelaskan bagaimana Islam memandang perkembangan iptek.

"Sangat menyambut. Teknologi itu bebas nilai. Penggunanya yang memberikan nilai," kata Quraish.

Sahabat Mustofa Bisri tersebut juga mencontohkan misalnya penggunaan teknologi handphone (HP). Dia menyebut sekarang sudah ada Al Quran di dalam HP.

Pria paruh baya ini juga menjelaskan bahwa dia menggunakan HP saat ingin menulis, mencari ayat Al Quran, dan mencari tahu tentang segala sesuatu melalui google.

"Itu kan hasil teknologi," tegasnya.

"Melalui teknologi kita bisa dengan cepat ke Mekkah, kita bisa dengan cepat ke tujuan lain untuk belajar atau untuk berziarah. Tidak masalah," sambung pria ini.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Al-Azhar, Kairo ini juga membandingkan ketika teknologi digunakan untuk berbuat hal yang tidak baik.

"Tetapi kalau itu digunakan untuk sesuatu yang buruk, Anda gunakan HP untuk mengirim hoaks, terlarang karena melengahkan orang, menjerumuskan orang," ujarnya.

Halaman
1234
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved