Polis Amankan Sekarung Telur Penyu Langka

Dua nelayan asal Pulau Banyak harus berurusan dengan Polres Aceh Singkil lantaran ketahuan mengambil telur penyu hijau

Polis Amankan Sekarung  Telur Penyu Langka
IST
Telur penyu yang diamankan Polres Aceh Singkil dari dua tersangka penduduk Pulau Banyak, Aceh Singkil. 

SINGKIL - Dua nelayan asal Pulau Banyak harus berurusan dengan Polres Aceh Singkil lantaran ketahuan mengambil telur penyu hijau yang dilindungi di kawasan Pulau Sikandang. Kedua warga tersebut masing-masing, AY (40), warga Jalan Masjid dan SA (26) penduduk Pulau Surya, Pulau Banyak.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti sekarung telur penyu hijau, setelah dihitung jumlahnya mencapai 59 butir. Telur penyu itu disimpan dalam boat ditutup tali jangkar. Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian, Jumat (26/1) mengatakan, telur penyu yang disimpan tersangka dalam boat terlihat oleh warga yang mendampingi anggota Yayasan Save Aceh Nature yang melakukan pembersihan sampah plastik di Pulau Bangkaru.

“Telur penyu berhasil diamankan, setelah pelapor yang melihatnya ketika naik boat mendampingi anggota Yayasan Save Aceh Nature membersihkan sampah plastik di Pulau Bangkaru pada tanggal 24 Januari, kemudian melapor kepada polisi,” kata Kapolres.

Barang bukti telur penyu selanjutnya diserahkan ke BKSDA Singkil, untuk dikembalikan ke habitatnya. Sedangkan tersangka diproses guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Pelaku melanggar ketentuan setiap orang yang mengambil, merusak, memusnahkan, memperniagakan, menyimpan atau memiliki telur dan atau sarang satwa yang dilindungi,” jelas Kasat Reskrim Polres Aceh Singkil Iptu Agus Riwayanto.

Polisi mengambil tindakan hukum sebab penyu hijau merupakan satwa yang dilindungi. Penyu hijau dan penyu belimbing serta sisik juga merupakan ikon wisata Kepuluan Banyak yang keberadaanya harus dilindungi.(de)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved