Breaking News:

Stop Jual Viostin dan Enzyplex

Aparat Satuan Resort Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Utara pada Jumat (2/2) sore, mendatangi puluhan

Editor: bakri
Stop Jual Viostin dan Enzyplex
AHMAD UNTUNG SURIANATA, Kapolres Aceh Utara

* Imbauan Polisi kepada Apotik
* Diduga Mengandung DNA Babi

LHOKSUKON – Aparat Satuan Resort Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Utara pada Jumat (2/2) sore, mendatangi puluhan apotik di kawasan Lhoksukon dan Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye untuk menyampaikan imbauan agar tidak lagi menjual obat Enzyplex dan Viostin DS, karena kedua obat itu diduga mengandung DNA babi. Jika ada apotik yang kedapatan tetap menjual obat tersebut, petugas akan memproses secara hukum.

“Ada belasan apotik yang didatangi petugas, kemarin, untuk menyampaikan imbauan kepada mereka supaya tidak menjual lagi kedua jenis obat tersebut. Karena berdasarkan surat edaran dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), kedua obat itu mengandung DNA babi,” ujar Kapolres Aceh Utara, AKBP Ahmad Untung Surianata melalui Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah kepada Serambi, Sabtu (3/1).

Dijelaskannya, sebagian apotik mengaku tidak menjual lagi obat tersebut setelah mendapat infomasi beredarnya surat edaran BBPOM pada 31 Januari 2018. Mereka mengaku sudah menyimpan kedua jenis obat itu dan menunggu penarikan dari pihak penyalurnya. “Setelah kita sampaikan di Lhoksukon, kemudian hal serupa juga kita sampaikan ke Pantonlabu,” imbuh Kasat Reskrim.

Iptu rezki menekankan, agar para pedagang tidak menjual lagi kedua jenis suplemen makanan tersebut, karena jika dikonsumsi masyarakat dapat berbahaya. “Jadi, ke depan kita berharap tak ada lagi apotik yang menjual kedua jenis suplemen tersebut karena sudah dilarang,” tukas Kasat Reskrim.

Sementara itu, informasi yang dikumpulkan Serambi dari sejumlah apotik terungkap, kalau kedua jenis suplemen tersebut memang beredar luas di kawasan Lhoksukon dan Pantonlabu sebelum diterbitkan surat edaran dari BBPOM. Bahkan, kedua jenis suplemen itu paling diminati warga karena dapat menambah selera makan.

“Viostin itu obat tulang untuk persendian, kemudian untuk asam urat. Kebanyakan kalau obat ini dikonsumsi orang tua karena manjur. Sedangkan Enzyplex hanya apotik tertentu saja yang menjualnya,” ungkap seorang pedagang di Tanah Jambo Aye kepada Serambi, kemarin.(jaf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved