BNNP Gagalkan Peredaran 20 Kg Sabu-sabu, Sindikat Aceh-Penang Dibekuk

Petugas menyita 20 kg sabu-sabu siap edar, yang didaratkan melalui jalur laut di kawasan Kuala Keuretoe, Kecamatan Lapang, Aceh Utara.

BNNP Gagalkan Peredaran 20 Kg Sabu-sabu, Sindikat Aceh-Penang Dibekuk
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Konferensi pers terkait penangkapan sabu-sabu 20 Kg di Aceh Utara yang digelar di Kantor BNNP Aceh di Banda Aceh, Senin (12/2/2018). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Personel Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, bekerja sama dengan Dit Narkoba Polda Aceh, BNNK Langsa, dan Polresta Banda Aceh berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu-sabu di kawasan Aceh Utara.

Petugas berhasil menyita 20 kg sabu-sabu siap edar, yang baru saja didaratkan oleh salah satu tersangka bernama Edi, melalui jalur laut di kawasan Kuala Keuretoe, Kecamatan Lapang, Aceh Utara.

Sabu-sabu tersebut dipesan oleh Ikbal alias Dek Bat, yang menurut pihak BNNP Aceh adalah sindikat narkoba Aceh-Penang.

Pengungkapan penyelundupan jaringan sabu internasional itu, berawal dari adanya informasi dari Polisi Diraja Malaysia yang berkoordinasi dengan BNN Pusat, bahwa akan adanya penyelundupan yang melibatkan jaringan Aceh-Penang.

"Awalnya kita tangkap salah satu tersangka bernama Edi pada 10 Februari 2018. Dia membawa barang itu dengan perahu motor ke darat di Aceh Utara," kata Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol Faisal Abdul Naser dalan konferensi pers di Kantor BNNP Aceh, Senin (12/2/2018).

(Baca: BNN Tangkap 2 Tersangka Asal Lhokseumawe, Sita Sabu 7,2 Kg dan Pil Ekstasi 300 Butir di Aceh Timur)

(Baca: VIDEO: Aceh Kembali Jadi Jalur Masuk Sabu, BNN Amankan 40 KG Sabu dan 4 Warga)

(Baca: Ada Bandar Narkoba Ikut Nyumbang untuk Bangun Masjid di Aceh, Ini Kata Kepala BNNP)

Tak tunggu lama, petugas kemudian langsung mengembangkan kasus itu dan berhasil membekuk dua orang lagi, yang dipastikan sebagai pengorder sabu 20 kg tersebut.

"Lalu kita menangakap pemilik atau pemesannya, yaitu Ikbal alias Dek Bat. Dia ditangkap di Peukan Bada, Aceh Besar," sebutnya.

Selain Ikbal, petugas juga meciduk seorang lagi bernama Said, yang ditengarai melindungi Ikbal selama menjadi buron BNNP.

"Ikbal ini adalah pemesan yang 40 kg sabu yang juga berhasil kita gagalkan beberapa waktu lalu. Saat itu dia melarikan diri, dan sekarang nekat pesan 20 kg lagi," sebut Faisal.

Dalam konfernsi pers tadi, ketiga pelaku turut dihadirkan. Petugas juga memperlihatkan barang bukti berupa 20 kg sabu, dompet, kunci mobil, dan beberapa barang lainnya milik ketiga tersangka.(*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved