Prihatin Sawah Kering di Pirak Timu, Haji Uma Bantu Biaya Minyak untuk Pompanisasi  

Anggota Komite II DPD it mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat Pirak Timu.

Prihatin Sawah Kering di Pirak Timu, Haji Uma Bantu Biaya Minyak untuk Pompanisasi   
SERAMBINEWS.COM/JAFARUDDIN
Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman alias Haji Uma, Kamis (1/3/2018), meninjau seribuan areal sawah yang masih kering di sejumlah desa dalam Kecmaatan Pirak Timu, Aceh Utara. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman alias Haji Uma, Kamis (1/3/2018), langsung meninjau seribuan areal sawah yang masih kering di sejumlah desa dalam Kecmaatan Pirak Timu, Aceh Utara setelah mendapat informasi dari masyarakat.

Anggota Komite II DPD it mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat Pirak Timu.

“Informasi yang disampaikan warga ada sekitar 1.400 hektare sawah di Kecamatan Pirak Timu terancam gagal panen, akibat dilanda kekeringan beberapa pekan terakhir ini. Selama ini masyarakat hanya mengandalkan sumber air dari tadah hujan karena belum adanya saluran irigasi,” ujar Haji Uma yang juga Wakil Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI kepada Serambinews.com.

Haji UMa juga juga mengapresiasi kepedulian Kapolres Aceh Utara AKBP Ahmad Untung Sangaji yang menggagas penggalian sumur bor untuk membantu masyarakat.

Baca: Haji Uma Turun ke Sawah di Jeumpa dan Samalanga, Temui Petani Lalu Serahkan Mesin Semprot Listrik

Dari masyarakat Haji Uma juga memperoleh informasi Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Utara sudah meminjam pakai pompanisasi.

"Kondisi kekeringan di Pirak Timu sangat memprihatinkan, jadi harus ada solusi alternatif untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen yang akan merugikan petani setempat,” ujar Haji Uma.

Hasil komunikasinya dengan Camat Pirak Timu Ismuhar dan Keuchik Matang Keh, proses pompanisasi maksimalnya dilakukan selama sebulan, karena biaya operasional relatif tinggi.

Sedangkan pihak Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan hanya membantu pinjam pakai mesin pompa tanpa bantuan biaya bahan bakar minyak (BBM). Untuk satu unit mesin pompa air membutuhkan BBM 40 liter per hari.

Halaman
12
Penulis: Jafaruddin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved