Cegah Serangan Hama, Petani Dianjurkan Gunakan Benih Berkualitas

Mencegah serangan hama wereng, para petani padi di Bireuen dianjurkan menggunakan variestas

Cegah Serangan Hama, Petani Dianjurkan Gunakan Benih Berkualitas

BIREUEN – Mencegah serangan hama wereng, para petani padi di Bireuen dianjurkan menggunakan variestas berkulitas yang sudah diteliti para ahlinya, sehingga tanaman padi tahan terhadap serangan hama dan hasil panen juga baik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Bireuen, Ir Alie Basyah MSi dalam rapat turun ke sawah musim gadu tahun ini di aula lama Sekdakab Bireuen, Selasa (3/6) Rapat penentuan jadwal turun kesawah dibuka Bupati Bireuen, H Saifannur dihadiri wakil bupati, para camat, mantri tani dan ratusan undangan lainnya.

Musim tanam rendengan beberapa waktu lalu sebagian tanaman padi terkena serangan hama wereng, setelah diteliti ada petani yang menggunakan benih tidak terdata disebar melalui 13 jalur, mencegah serangan hama maka petani dianjurkan menggunakan benih yang dianjurkan. Bupati Bireuen H Saifannur dalam sambutannya mengatakan, rencana target tanam tahun ini seluas 43,821 hektar, kemudian target panen seluas 41.673 Ha, selanjutnya target provitas 56.95 Kw/Ha, sementara target produksi 239. 339 Ton.

“Besar harapan kami mudahmudahan musim tanam tahun 2018 nanti produksipertanian khususnya tanaman padi sesuai dengan target dan realisasi yang telah ditetapkan. Adapun jadwal turun ke sawah dimulai dari kenduri blang serta gotong royong disesuaikan keadaan masingmasing tempat, pembukaan pintu air direncanakan 5 April 2018, seterusnya pengelohan tanah 15-30 April, dilanjutkan semai benih 1-12 Mei.

Kemudian tanam diperkirakan mulai13-25 Mei, penutupan pintu air pada awal Agustus dan perkiraan panen pada akhir Agustus. (yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved