Breaking News:

PDAM Gandeng Kejari Agara Kejar Tagihan

PDAM Tirta Aceh Tenggara (Agara) menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Agara untuk mengejar tunggakan tagihan

Editor: hasyim
google/net
Ilustrasi 

KUTACANE - PDAM Tirta Aceh Tenggara (Agara) menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Agara untuk mengejar tunggakan tagihan dari para pelanggan, selain bantuan hukum. Dari sekitar 4.000 pelanggan, yang membayar tagihan bulanan hanya 500 pelanggan atau 12,5 persen, sehingga tidak mampu menutupi biaya operaskional.

Kerjasama ini dituangkan dalam MoU dalam bidang perdata dan tata usaha negara di Kantor PDAM Tirta Agara, Kota Kutacane, Jumat (9/3) yang ditangani Kajari Fithrah SH dan Direktur PDAM, Ali Amran Selian. Fithrah menjelaskan kesepakatan ini memuat tentang tagihan yang tidak tercapai dari pelanggan PDAM dan bidang perdataan.

“Kami harus memberi apresiasi kepada PDAM yang berupaya menekan kebocoran pengelolaan keuangan negara,” jelasnya. Menurut dia, jika ada sengketa hukum terkait kepemilikan bangunan atau tanah milik PDAM Tirta Agara, maka Kejari siap membantu di bidang perdata.

“Mari sama-sama kita bangun PDAM Tirta Agara yang bertugas mengalirkan air bersih ke masyarakat dan jangan sampai, distribusi air bersih tidak sampai ke masyarakat, sehingga mereka sulit membayar tagihan rekening bulanan,” jelas Fithrah.

Sedangkan Ali Amran Selian mengatakan kerjasama ini diharapkan akan memperbaiki kondisi air bersih dan dalam waktu dekat akan diundang Satker untuk memperbaiki pasokan air ke masyarakat. Dia menjelaskan, pelanggan mencapai 4.000 rumah tangga, khususnya di Kecamatan Babussalam atau Kutacane, tetapi yang membayar rekening hanya 500 pelanggan.

Dikatakan, pendapatan dari tagihan rekening hanya Rp 15 juta/bulan, sedangkan biaya operasional, termasuk gaji para karyawan sebesar Rp 55 juta atau minus Rp 40 juta. Disebutkan, dengan MoU ini, maka instalasi air bersih dibenahi, sekaligus tagihan tunggakan digencarkan, sehingga gaji 40 karyawan dapat dibayarkan.(as)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved