Santri Matangkuli Ikut UN, Lembaran Soalnya dalam Bahasa Arab

Program ini baru dilaksanakan di 14 dayah salafi di Indonesia. Untuk sumatera‎ program ini baru dilaksanakan di Aceh Utara.

Santri Matangkuli Ikut UN, Lembaran Soalnya dalam Bahasa Arab
ist
Sebanyak 109 santri Dayah Babussalam Matangkuli, Aceh Utara pada Sabtu (10/3/2018) mengikuti ujian akhir pendidikan diniyah formal berstandar nasional (UAPDFBN) di dayah tersebut yang diawasi petugas Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Kantor Kemenag‎ Aceh Utara. 

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON - Sebanyak 109 santri Dayah Babussalam Matangkuli, Aceh Utara pada Sabtu (10/3/2018) mengikuti ujian akhir pendidikan diniyah formal berstandar nasional (UAPDFBN) di dayah tersebut yang diawasi petugas Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Kantor Kemenag‎ Aceh Utara.

Materinya terdiri ilmu tafsir, ilmu hadist, ushul Fiqh, bahasa arab dan nahwu sharf, dalam bahasa arab. ‎Pendidikan Dayah Formal adalah program Kemenag RI dalam rangka mempersiapkan atau untuk mecetak kader ulama.

Baca: Dayah, Mana Janji Manismu?

Program ini baru dilaksanakan di 14 dayah salafi di Indonesia. Untuk sumatera‎ program ini baru dilaksanakan di Aceh Utara.

"Mereka yang sudah mengikuti ujian akhir akan diberikan ijazah yang setara dengan aliyah atau lulusan SMA. Ijazah itu dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke ma'had aly," kata Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Aceh Utara Sabaruddin kepada Serambinews.com.

Disebutkan, sebelum mengikuti ujian pada hari ini, mereka sudah mengikuti proses pembelajaran di dayah sesuai dengan kurikulum dayah.

Namun, ada beberapa penambahan mata pelajaran umum. Namun, mata pelajaran umum itu tidak diujiankan.

"Jika dinilai efektif, program ini akan terus dilanjutkan. Namun, jika belum, tentu akan dievaluasi dulu," ujar Sabar. (*)

Penulis: Jafaruddin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved