Tank M113 Sudah Terbukti Tangguh di Medan Perang, Namun Punya Syarat Agar Tak Tenggelam

Sebagai kendaraan angkut personel bersenjata lengkap, APC harus bisa melintasi semua medan tempur dan merupakan kendaraan

Tank M113 Sudah Terbukti Tangguh di Medan Perang, Namun Punya Syarat Agar Tak Tenggelam
APC M113 US Army 'berenang' di air | YOUTUBE 

SERAMBINEWS.COM - Dalam pertempuran yang telah terjadi di berbagai belahan dunia mulai dari Perang Vietnam hingga peperangan di Yaman, semua pasukan tempur sangat tergantung kepada kendaraan. 

Fungsi kendaraan tempur itu adalah untuk mengangkut pasukan ke berbagai front peperangan dalam waktu cepat dan bisa melintasi semua medan perang. 

Baca: Biaya Pendidikan SD Cucu Aburizal Bakrie Capai Ratusan Juta Rupiah untuk Satu Semester

Andalan pasukan tempur untuk mencapai medan perang dan sedekat mungkin berhadapan dengan musuh adalah helikopter dan kendaraan angkut personel lapis baja yang populer disebut sebagai APC (Armoured Personel Carrier). 

Sebagai kendaraan angkut personel bersenjata lengkap, APC harus bisa melintasi semua medan tempur dan merupakan kendaraan beroda rantai serta berkemampuan amfibi.

Artinya APC ini bisa digunakan baik di medan perang darat maupun air. 

Baca: LIVE STREAMING Final German Open 2018 - Satu-satunya Wakil Indonesia Fajar/Rian Siap Rebut Juara

Untuk melindungi pasukan yang diangkut dan sekaligus melawan musuh, dinding APC berlapis baja antipeluru dan dilengkapi senapan mesin penumpas musuh seperti Minimi atau Browning kaliber 7.62 mm. 

Medan perang berlumpur, berupa jalanan hutan yang terjal, dan menerobos sungai- sungai sebenarnya merupakan “makanan” APC . 

Seperti sejumlah APC yang telah dimiliki oleh TNI AD, yakni APC M113.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved