Lima Balon Sudah Mendaftar Muswil PA Aceh Timur, Ini Sosoknya

Sebelumnya, jelas Marzuki, pendaftaran balon telah dibuka sejak dan akan berakhir Jumat (16/3/2018).

Lima Balon Sudah Mendaftar Muswil PA Aceh Timur, Ini Sosoknya
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Marzuki Ajad (tengah) Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Wilayah (Muswil) terkait pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh (PA), Kabupaten Aceh Timur, Periode 2018-2023, memberikan keterangan pers terkait peserta bakal calon (Balon) Ketua DPW PA Atim yang telah mendaftar di Aceh Timur, Kamis (15/3/2018). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Hingga hari ke-4 dibukanya pendaftaran bakal calon Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh (PA), Kabupaten Aceh Timur, periode 2018-2023, sebanyak lima balon telah mendaftar.

"Sejak pendaftaran dibuka Senin (12/3) lalu hingga Kamis (15/3) sebanyak lima bakal calon telah mendaftarkan diri sebagai balon Ketua DPW PA Aceh Timur," ungkap Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-II, DPW PA Aceh Timur, Marzuki Ajad, didampingi Wakil Sekretaris DPC PA Idi Timur, Dahlan dalam konfrensi pers Kamis (15/3/2018).

Kelima balon tersebut, jelas Marzuki yaitu, M Kasem alias Toke Fak (sekretaris DPW PA Atim), Sulaiman alias Toke Leman (kalangan pengusaha), Abi Nawawi (kalangan ulama), Zulkifli alias Kupiah Seuke (kalangan KPA), dan Syahrul bin Syamaun (ketua DPW PA saat ini dan juga Wabup Atim).

Baca: Abusyik Sebut Pencantuman Namanya dalam Struktur Partai Aceh tanpa Sepengetahuan Dirinya

Sebelumnya, jelas Marzuki, pendaftaran balon telah dibuka sejak dan akan berakhir Jumat (16/3/2018).

Selanjutnya, Muswil akan dilaksanakan Sabtu (17/3/2018) di Hotel Royal Idi.

Pendafatan balon tidak dibatasi, dan terbuka bagi seluruh jajaran anggota PA DPW Atim.

Selanjutnya, sambung Marzuki, nama-nama balon ini akan dibawa ke dalam forum muswil, dan nantinya para balon akan dicalonkan oleh dewan pimpinan sagoe (DPS) setelah balon yang bersangkutan mendapatkan surat rekomendasi dukungan yang ditandatangani oleh panglima KPA DPS setempat.

"Dari balon mereka akan menjadi calon apabila syaratnya mencukupi seperti adanya dukungan dari dewan pimpinan sagoe," jelas Marzuki. Namun, jika tidak mencukupi syarat para balon tersebut akan gugur.

Baca: Usai Mualem Terpilih, Partai Aceh Bahas Arah Perjuangan Politik

Proses pemilihan Ketua DPW PA Atim ini, sambung Marzuki, melalui dua opsi yaitu sistem aklamasi, dan voting pemilihan (demokrasi).

"Kalau dalam muswil nantinya muncul lebih dari satu calon dan masing-masing ada yang dukung maka akan kita lakukan voting pemilihan. Namun, jika peserta yang berhak memilih sepakat mendukung satu calon maka ketuanya terpilih secara aklamasi," jelas Marzuki.

Marzuki mengharapkan proses pemilihan Ketua DPW PA Atim periode 2018-2023 ini berjalan terbuka, sukses, dan demokrasi. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved