Breaking News:

Tafakur

Dosa Berjamaah

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat

Dosa Berjamaah

Oleh: Jarjani Usman

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” (QS. al-Maidah: 2).

Berjamaah memang mempunyai keistimewaan tersendiri, sehingga sangat dianjurkan dalam beribadah dan beramal. Berjamaah melahirkan kekuatan besar. Dalam bermusyawarah, misalnya, bisa melahirkan banyak gagasan bila dilakukan secara bersama-sama (berjamaah). Namun, tak jarang juga berjamaah digunakan untuk berbuat kejahatan oleh sebahagian insan.

Tak sedikit dosa yang lahir dan bahkan berkelanjutan akibat perbuatan jahat yang dilakukan secara berjamaah. Seperti membuat aturan-aturan yang hanya menguntungkan kelompok sendiri, sehingga melahirkan ketidak-adilan dan ketidakmerataan dalam masyarakat luas.

Apalagi tak jarang terjadi, walaupun mengandung ketidak-adilan itu, suatu aturan dijalankan dalam waktu lama dalam suatu negeri atau wilayah. Yang merasa diuntungkan akan berusaha mempertahankannya. Hal ini dengan sendirinya melahirkan dosa-dosa berkelanjutan, terutama bagi para penggagas dan pelaksananya. Sehingga bisa menjadi sumber keburukan lainnya, seperti menghasilkan harta-harta haram.

Oleh karena itu, setiap diri kita perlu lebih selektif dalam melibatkan diri dalam suatu kerjasama, agar tidak terjebak dalam melakukan dosa bersama. Allah menyuruh kita untuk memelihara diri dari hal-hal yang buruk.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved