Smile Train akan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Aceh Timur, Ini Jadwalnya

Usia peserta boleh mendaftar mulai dari usia 3 bulan dengan berat badan 5 kilogram sampai usia tanpa batas.

Smile Train akan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Aceh Timur, Ini Jadwalnya
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Rahmad Maulizar, Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, didampingi Koordinator Kabupaten (Koorkab) Aceh Timur, Saiful Fahmi, dan petugas PKH, menjenguk Suci Andala bayi umur dua bulan di Gampong Matang Gleum, Peureulak, yang menderita bibir sumbing, Kamis (22/3/2018). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Lembaga amal dunia Smile Train bekerjasama dengan Pemkab Aceh Timur, akan melaksanakan kegiatan operasi bibir sumbing gratis pada 7 April 2018 mendatang di RSUD dr Zubir Mahmud.

“Karena itu jika ada warga Aceh Timur yang menderita bibir sumbing segera mendaftarkan diri ke masing-masing Puskesmas, atau kepada petugas pendamping PKH pada masing-masing gampong,” ungkap Rahmad Maulizar, Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, di sela-sela menjenguk Suci Andala bayi umur dua bulan di Gampong Matang Gleum, Peureulak, yang menderita bibir sumbing, Kamis (22/3/2018).

Baca: Sambut HUT Serambi Indonesia, 17 Penderita Bibir Sumbing Dioperasi Secara Gratis

Rahmad menyebutkan usia peserta yang diperbolehkan mendaftar mulai dari usia 3 bulan dengan berat badan 5 kilogram sampai usia tanpa batas.

Selain operasi bibir sumbing, jelas Rahmat, bagi pasien yang sudah pernah dioperasi bibir, dan belum sempurna bisa mendaftarkan diri untuk dioperasi kembali.

Baca: Smile Train Serahkan Penghargaan ke Dandim, Ikut Sukseskan Operasi Bibir Sumbing

“Jadi tidak hanya operasi bibir sumbing, tapi juga bisa operasi celah langit-langit, dan hidung, untuk hasil yang lebih sempurna,” jelas Rahmad.

Sebelumnya, jelas Rahmad, operasi bibir sumbing tahap pertama juga sudah pernah dilakukan di Aceh Timur, Maret 2017 lalu.

Waktu itu, sebanyak 48 orang berhasil dioperasi.

“Untuk tahap dua ini kita menerima sebanyak-banyaknya tanpa batas. Alhamdulillah, kita (smile train) bersama Bupati Aceh Timur, ingin anak Aceh Timur bebas dari bibir sumbing, tanpa minder, dan kembali tersenyum,” jelas Rahmad.

Baca: Operasi Bibir Sumbing HUT Serambi Tuntas

Dalam proses pendataan peserta calon pasien, jelas Rahmad, pihaknya juga menggandeng tim pendamping program keluarga harapan (PKH), dan Dinkes Aceh Timur.

Bagi peserta yang telah mendaftar nantinya, diharapkan agar masuk ke RSUD dr Zubir Mahmud, pada 6 April, lalu 7 April dilakukan operasi, dan 8 April-nya semua pasien sudah diperbolehkan pulang.

“Operasi ini gratis tanpa dipungut biaya. Tujuan kita, ingin mewujudkan Aceh bebas bibir sumbing,” cetus Rahmad, seraya menyebutkan, operasi ini akan dipimpin oleh dr Muhammad Jailani, dan tim medis lainnya dari Banda Aceh. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved