Banjir dan Longsor Kembali Landa Aceh Selatan, Dua Jembatan dan 41 Rumah di Trumon Rusak

Di Gampong Krueng Batee, Kecamatan Trumon, dua jembatan rusak parah. Selain itu 40 rumah juga mengalami kerusakan akibat terjangan banjir.

Banjir dan Longsor Kembali Landa Aceh Selatan, Dua Jembatan dan 41 Rumah di Trumon Rusak
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Anggota TNI dan masyarakat membersihkan Masjid Krueng Batee, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan, setelah diterjang banjir pada Kamis (29/3/2018) malam. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Hujan lebat yang mengguyur Aceh Selatan sejak Kamis (29/3) mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 00.10 WIB menyebabkab banjir dan tanah longsor di beberapa kecamatan.

Banjir tersebut bukan hanya merendam pemukiman penduduk, namun juga lahan pertanian masyarakat.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Selatan, Cut Sazalisma SSTP kepada Serambinews.com, Jumat (30/3/2018) mengatakan, sesuai data sementara ada empat kecamatan yang tergenang banjir, yaitu Tapaktuan, Kota Bahagia, Trumon dan Bakongan.

Di Kecamatan Tapaktuan, setidaknya ada tiga desa yang digenang banjir, yaitu Gampong Lhok Bengkuang, Gampong Batu Itam, dan Gampong Panjupian.

(Baca: Nyak Sandang Sudah Jalani Operasi Katarak, Ini Keinginannya Saat Kembali Bisa Melihat dengan Terang)

(Baca: Soal Prostitusi Online, Bupati Aceh Besar Sudah Periksa CCTV The Pade Hotel, Ini Hasilnya)

(Baca: Setelah Tiba di Aceh dari Malaysia, Pria Ini Ambruk Melihat Kondisi Anaknya di Rumah Sakit)

Sedangkan di Kecamatan Kota Bahagia juga tiga desa yaitu Gampong Beutong, Gampong Ujong Gunong Cut, dan Gampong Ujong Gunong Rayeuk.

Di Kecamatan Trumon, banjir menggenangi Gampong Pulo Paya, Gampong Krueng Batee dan Kampong Tengah.

Selain itu, banjir juga menggenangi satu Gampong di Kecamatan Bakonga yakni Gampong Ujong Padang.

"Itu data sementara, sedangkan jumlah korban KK berdampak kerusakan sedang proses input, target jam 12 siang ini sudah kita terbitkan release update bencana, nanti akan di infokan kembali," kata Cut Sazalisma.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com, selain merendam empat kecamatan tersebut, banjir bandang juga menerjang pemukiman warga di Gampong Krueng Batee, Kecamatan Trumon.

Di Gampong tersebut, dua unit jembatan rusak parah. Selain itu 40 unit rumah warga mengalami kerusakan akibat terjangan banjir tersebut.

"Mulai tadi malam personil BPBD sudah dalam kondisi siaga dan terus melakukan pemantuan. Pagi tadi personel BPBD bersama Personel TNI/Polri juga membantu masyarakat membersihkan Masjid Krueng Batee, Kecamatan Trumon agar bisa dilaksanakan shalat Jumat," pungkasnya.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved