Kebanyakan Makan Daging Merah Ternyata Picu Kanker Usus

International Journal of Cancer menyarankan agar kita mengurangi daging merah untuk mengurangi risiko terkena kanker usus besar

Kebanyakan Makan Daging Merah Ternyata Picu Kanker Usus

SERAMBINEWS.COM - Selalu ada dampak kesehatan dari apa yang kita makan. Laporan terbaru yang terbit di International Journal of Cancer, Minggu (1/4/2018), menyarankan agar kita mengurangi daging merah untuk mengurangi risiko terkena kanker usus besar atau kanker kolon.

Studi yang dilakukan oleh peneliti asal University of Leeds, Inggris, telah mengamati pola makan dan kesehatan 32.147 perempuan yang tinggal di Inggris, Wales, dan Skotlandia selama 17 tahun.

Baca: Bupati Siap Sewa Pesawat Hadirkan Ustaz Abdul Somad

Baca: Bupati Abdya Sewa Pesawat Datangkan Ustaz Abdul Somad, Tabliq Akbar di Dua Lokasi

Hasilnya, ada 462 kasus kanker kolorektal atau kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektrum (organ terakhir dari usus besar yang menyimpan feses).

Dari jumlah tersebut, 335 di antaranya adalah kasus kanker kolon spesifik. Sementara 119 kasus merupakan kanker usus besar distal, yakni kanker usus besar yang memengaruhi area usus besar yang menyimpan feses.

Penelitian kemudian fokus mengamati pola diet seperti apa yang dilakukan peserta. Ada empat pola diet yang dilakukan.

Sebanyak 65 persen perempuan mengikuti diet yang menganjurkan rutin makan daging merah, 3 persen memakan unggas, 13 persen sebagai pemakan ikan, dan 19 persen vegetarian.

Dari empat kelompok tersebut, peneliti melihat kelompok vegetarian menunjukkan risiko terendah dari semua jenis kanker usus besar.

Baca: Bahaya Penyakit Diabetes tak Mengenal Usia, Berikut Cara Mudah Mengatur Kadar Gula Darah

Sebaliknya, perempuan yang secara teratur mengonsumsi daging merah berisiko lebih tinggi memiliki kanker usus besar distal dibanding mereka yang mengikuti diet tanpa daging merah.

Penelitian ini makin menguatkan temuan sebelumnya yang telah mengaitkan daging merah dengan kanker usus. Menurut Harvard Health, semakin banyak daging merah yang masuk ke dalam tubuh akan memiliki tingkat senyawa N-nitroso (NOC) yang lebih tinggi di dalam feses.

Senyawa ini adalah pemicu kanker usus. "Penelitian kami makin menguatkan adanya hubungan antara kanker usus dengan daging merah.

Namun, analisis lebih lanjut dengan penelitian lebih besar masih diperlukan untuk mencari pencegahannya," kata Dr. Diego Rada Fernandez de Jauregui, bagian dari tim Epidemiologi Gizi di Leeds, dilansir Newsweek Senin (2/4/2018). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Bukti Baru, Kebanyakan Makan Daging Merah Bisa Picu Kanker Usus

Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved