Kerokan Membuat Kulit Ari Menipis, Coba Ramuan Ini Sebagai Alternatif

erokan merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan untuk mengobati beberapa penyakit ringan macam masuk angin atau pegel linu

Kerokan Membuat Kulit Ari Menipis, Coba Ramuan Ini Sebagai Alternatif

SERAMBINEWS.COM - Kerokan merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat kita untuk mengobati beberapa penyakit ringan macam masuk angin atau pegel linu.

Akan tetapi sedikit orang yang mengetahui bagaimana kerokan dapat menyembuhkan masuk angin atau pegel linu tadi. Apalagi efek sampingannya.

Dengan kerokan pori-pori kulit akan terbuka sehingga panas di dalam tubuh mudah dibuang. Selain itu pembuluh darah di bawahnya mengalami vasodilatasi (pelebaran) yang mengakibatkah sirkulasi darah lancar.

Baca: Waspadalah, Kekurangan Vitamin D pada Anak Bisa Berakibat Fatal

Ini akan memperlancar pembuangah zat-zat sampah yang menyebabkan badan terasa pegel linu. Dua peristiwa inilah yang membuat sehabis kerokan badan terasa segar kembali.

Lalu apa efek sampingannya? Pertama, uang logam yang dipakai belum tentu steril.

Kedua, apabila sering melakukan kerokan, kulit ari akan mengalami penipisan sehingga akan mudah kedinginan. Bukankah kulit merupakan organ pelindung?

Nah, jika tidak ingin kepikiran soal efek sampingan tadi, ramuan "jakeku" (jahe, kencur, kunyit) berikut bisa dicoba.

Baca: Warga Aceh Ternyata juga Beli Kapal Haji

Baca: Wacana Hukuman Mati di Aceh

Pertama ambil jahe seruas ibu jari, kencur, dan kunyit masing-masing seruas jari manis. Bahan-bahan itu ditumbuk halus lalu dioleskan pada punggung.

Ramuan tersebut akan memberikan rasa hangat yang relatif lama sehingga pori-pori kulit terbuka dan pembuluh darah di bawahnya mengalami vasodilatasi. Efek hangat timbul dari jahe dan kencur, sementara kunyit merupakan antiseptik.

Ramuan di atas ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang dan melemaskan sendi-sendi kaku akibat rematik. Caranya, dengan mengoleskan pada daerah yang sakit. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Suka Kerokan Tapi Gak Tahan Sakit? Ganti Sama Ramuan Ini, Dijamin Kulit Ari Tak Menipis

Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved