Breaking News:

Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Akan Buka Bioskop Pertama pada Bulan Ini

Setelah lebih dari 35 tahun, Arab Saudi bakal memiliki bioskop pertamanya yang dibuka pada 18 April 2018 di Riyadh.

Editor: Amirullah

SERAMBINEWS.COM -  Setelah lebih dari 35 tahun, Arab Saudi bakal memiliki bioskop pertamanya yang dibuka pada 18 April 2018 di Riyadh. Dilansir dari VOA News, Rabu (4/4/2018), AMC Entertainment, perusahaan jaringan bioskop raksasa dunia, menyatakan pihaknya telah diberikan lisensi untuk membuka hingga 40 bioskop di 15 kota Saudi selama lima tahun ke depan.

Kerajaan Saudi pernah mempunyai beberapa bioskop, tetapi para ulama berhasil memaksa pemerintah untuk menutup operasional bioskop.

Baca: Hati-Hati, Diabetes Bisa Diawali dari Hal Sepele Ini

CEO AMC Entertainment Adam Aron menyatakan, pada awal pembukaan, bioskop tidak akan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin seperti kebanyakan ruang publik di Saudi lainnya. Namun, kemungkinan ada beberapa waktu yang disediakan khusus untuk penonton perempuan dan laki-laki secara terpisah.

"AMC berencana membuka bioskop pertama di kerajaan, di Riyadh, pada 18 April," tulis kementerian komunikasi internasional Saudi dalam sebuah pernyataan.

Untuk melayani populasi lebih dari 32 juta penduduk, yang mayoritas berusia di bawah 30 tahun, Saudi akan mendirikan 350 bioksop dnegan lebih dari 2.500 layar hingga 2030.

Baca: Nabila Teratas di Babak 15 Besar, Para Dewan Juri Liga Dangdut Indonesia Dihadiahi Upuh Ulen-Ulen

"Pasar Saudi sangat besar, dengan mayoritas penduduk yang ingin menonton film favorit mereka di sini," kata Menteri Informasi Saudi Awwad Alawwad.

Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya modernisasi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, yang berusaha meningkatkan belanja domestik di era harga minyak yang rendah. Arab Saudi merupakan konsumen media dan budaya Barat.

Meski ada larangan bioskop, film-film Hollywood dan serial televisi kerap disaksikan di rumah, serta menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Baca: 26 Warga Aceh Tamiang Terpidana Kasus Maisir Dihukum Cambuk, Jaksa: Ini bukan Balas Dendam

AFP melaporkan, pada Februari ini, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) mengumumkan akan mengadakan lebih dari 5.000 festival dan konser sepanjang 2018.

Dengan begitu, sektor hiburan akan mendongkrak pendapatan sekitar 64 miliar dollar Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan. Kerajaan Saudi juga telah melakukan reformasi kebijakan lainnya seperti perempuan yang boleh menyaksikan pertandingan olahraga di stadion dan mengemudi mobil pada Juni mendatang. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Bakal Punya Bioskop pada Bulan Ini

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved