Erosi Krueng Lamie Mengganas

Erosi di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya

Erosi Krueng Lamie Mengganas
Warga melihat bekas terjangan erosi akibat mengganasnya aliran DAS Krueng Nagan di kawasan Blang Baro, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Minggu (18/3) siang. 

SUKA MAKMUE - Erosi di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya mulai mengganas dan mengancam perumahan warga yang berada di pinggir DAS tersebut.

Kondisi itu memerlukan penanganan cepat dari pemerintah, sehingga tidak mengundang bencana lebih serius bagi warga setempat. Anggota DPRK Nagan Raya Ibrahim Idham kepada Serambi, Kamis (5/4) mengatakan, erosi yang terjadi di DAS Krueng Lamie kian mengkhawatirkan lantaran sudah mendekati perumahan penduduk. Salah satunya di Desa Geulanggang Gajah, Kecamatan Darul Makmur.

“Lokasi terparah erosi berada di kawasan Desa Geulanggang Gajah. Kalau kita perkirakan ada sekitar 10 meter lagi antara sungai dengan rumah masyarakat. Kita berharap agar penanggulangan melalui pembangunan tanggul untuk pengaman tebing hendaknya segera direalisasi oleh pemerintah,” ujar Ibrahim.

Ia menambahkan pihaknya juga meminta Pemerintah Provinsi Aceh dan Nagan Raya supaya bertindak cepat. Hal itu dimaksudkan agar erosi tidak meluas dan merobohkan rumah masyarakat ke sungai.

Anggota DPRK Nagan Raya Ibrahim Idham juga menyebutkan untuk penanganan Krueng Lamie sebelumnya sudah diwacanakan ditanggulangi melalui dana APBN.

Pihaknya sangat mendukung upaya tersebut untuk kepentingan masyarakat, namun pelaksanaannya yang belum jelas.

Ibrahim menambahkan pemerintah harus mempercepat pembangunan tanggul tersebut supaya dapat menyelamatkan perumahan warga dari ancaman gerusan Sungai Krueng Lamie.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved