Dapil di Banda Aceh tak Berubah

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh merilis surat keputusan KPU RI terkait penataan daerah pemilihan (dapil)

Dapil di Banda Aceh tak Berubah
kpud-madinakab.go.id
Pemilu 2019 

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh merilis surat keputusan KPU RI terkait penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi untuk Pemilu 2019. Hasilnya, formasi dapil di Banda Aceh tidak berubah dengan Pemilu sebelumnya, yaitu lima dapil dan 30 kursi.

Anggota KIP Banda Aceh, Indra Milwady, kepada Serambi, Sabtu (7/4), mengatakan SK KPU diterima KIP Banda Aceh pada 4 April lalu. “Kita masih tetap lima dapil. Jumlah kursi sesuai jumlah penduduk, dan tidak berubah, 30 kursi,” katanya.

Jumlah penduduk Banda Aceh sesuai DAK II terakhir sebanyak 238.814 jiwa. Jika mengacu UU No 7 tahun 2017, kata Indra, jumlah penduduk kabupaten/kota dengan jumlah 200.000 jiwa sampai 300.000 jiwa maka alokasi kursinya berjumlah 30 untuk DPRK.

Adapun kelima dapil tersebut terdiri atas dapil I Baiturrahman dan Lueng Bata (7 kursi), dapil II Kuta Alam (6 kursi), Dapil III Syiah Kuala dan Ulee Kareng (7 kursi), dapil IV Banda Raya dan Jaya Baru (6 kursi), dan terakhir dapil V Kuta Raja dan Meuraxa (4 kursi).

Ketua KIP kota Banda Aceh, Munawar Syah berharap, rancangan dapil yang telah di putuskan KPU dapat mengakomodir pendapat dan masukan para stakeholder selama proses penyampaian dan pencermatan usulan dapil yang dilaksanakan KIP Kota Banda Aceh.

“Ada sebanyak 40 stakeholder yang menyampaikan masukan dan pendapatnya pada saat uji publik. Kami tentunya sangat mengapresiasi atas kontribusi ide dancurah pikir para stakeholder selama proses penyampaian dan pencermatan usulan dapil dan alokasi kursi DPR Kota Banda Aceh untuk pemilu legislatif tahun 2019,” katanya.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved