Sabang Marine 2018

Yacht Meriahkan Sabang Marine

Sekitar 20-an yacht sudah mengkonfirmasi hadir dalam ajang Sabang Marine Festival 2018. Ajang tahunan

Yacht Meriahkan Sabang Marine
SERAMBINEWS.COM/AZHARI
kapal layar peserta Sabang Marine Festival (SMF) ke II sudah tiba di Sabang. Ke 15 kapal bertiang tinggi itu kini berlabuh di Teluk Sabang. 

BANDA ACEH - Sekitar 20-an yacht sudah mengkonfirmasi hadir dalam ajang Sabang Marine Festival 2018. Ajang tahunan yang diselenggarakan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) itu akan berlangsung di Kota Sabang, 27 April-1 Mei 2018.

Kepala BPKS Sabang, Sayid Fadhil kepada Serambi mengatakan, jumlah yacht yang berpartisipasi akan terus bertambah, karena saat ini panitia juga sedang berkomunikasi dengan sejumlah komunitas yacht internasional agar bisa hadir ke Sabang. Namun jumlah yacht yang sudah konfirmasi hadir sebanyak 20-an unit.

Yacht yang sudah memastikan hadir itu berasal dari sejumlah negara, namun selama ini kapal tersebut selama ini home basenya di Langkawi, Malaysia dan Phuket, Thailand. “Kita mengundang yacht dari berbagai negara, karena Kementerian Pariwisata ingin menjadikan Sabang menjadi jalur (hub) kapal pesiar dan yacht,” ujarnya.

Sabang Marine Festival merupakan ajang berkumpulnya para pelaut atau komunitas yacht dari berbagai negara. Ajang tahunan itu juga untuk menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri mengunjungi Sabang. Guna menjadikan pariwisata sebagai penggerak perekonomian Aceh.

Sayid Fadhil yang didampingi Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal mengatakan, saat ini BPKS sudah berkoordinasi untuk memberi kemudahan imigrasi kepada pelaut itu. “Jika dulu mereka butuh waktu berbulan-bulan mengurus izin masuk, tapi saat ini hanya butuh waktu satu jam bagi mereka mengurus izin masuk Indonesia,” jelasnya.

Kepala BPKS Sabang, Sayid Fadhil, menambahkan, dengan adanya Sabang Marine Festival diharapkan Sabang akan semakin populer di dunia internasional. Apalagi, katanya, bersamaan dengan Sabang Marine, Pemko Sabang juga menggelar Khanduri Laot Festival yang akan menampilkan adat, budaya, seni dan kuliner Aceh.

Dia menambahkan, selain yacht, tahun ini juga terdapat tujuh kapal pesiar yang sudah menentukan jadwalnya ke Sabang, mereka akan membawa ribuan turis yang akan menjelajah Kota Sabang. Bahkan satu diantaranya, merupakan Islamic Cruise yang akan membawa jamaah zikir ke Banda Aceh, seperti kunjungan pertama akhir 2017 lalu.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved