Breaking News:

Bulog akan Beli Gabah Petani

Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Aceh menargetkan dapat menyerap sebanyak 15 ribu ton gabah

Editor: bakri
Bulog akan Beli Gabah Petani
BASIRUN, Kepala Perum Bulog Divre Aceh

* Sebanyak 15 Ribu Ton

BANDA ACEH - Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Aceh menargetkan dapat menyerap sebanyak 15 ribu ton gabah dari petani selama April 2018 ini. Beras itu akan disalurkan untuk bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra), operasi pasar, maupun sejumlah program lainnya.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Aceh, Basirun, mengatakan, meskipun jumlah yang ditargetkan oleh Bulog besar, namun ia menyakini akan mampu memenuhinya. Sebab dalam bulan ini, sejumlah daerah di Aceh akan memulai panen raya.

Basirun menambahkan, selama kurun waktu Januari-April 2018, Bulog Aceh sudah membeli gabah dari petani sebanyak 4.900 ton, dari targetnya 18.400 ton. Namun target itu akan segera tercapai, karena dalam panen raya bulan ini, Bulog akan membeli 15 ribu ton gabah.

“Target 15 hingga 16 ribu ton gabah akan tercapai karena dalam bulan ini sejumlah daerah mulai panen raya,” ujar Basirun.

Dikatakan, pada tahun 2018 ini, Bulog Aceh menargetkan mampu membeli beras petani hingga 40 ribu ton dan jumlah itu akan mencukupi kebutuhan Aceh hingga akhir tahun. Bulog juga akan membeli gabah petani dengan kisaran harga yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp 4.070.

Ia menambahkan, persediaan beras di gudang Bulog juga akan mampu memenuhi kebutuhan yang meningkat di bulan Ramadhan nanti. Sehingga, kata Basirun, tidak ada alasan harga beras tinggi. Untuk menjaga stabilitas harga beras dan gabah, selain membeli gabah petani dengan harga yang layak, bulog juga akan menyalurkan bansos rastra, dan operasi pasar dengan mengandeng BUMN.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Aceh, Basirun, menambahkan, rencananya Bulog juga akan mempercepat penyaluran bansos rastra kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Jika disetujui pusat, maka rastra jatah Mei akan disalurkan dalam bulan April ini.

Menurutnya, mempercepatkan penyaluran rastra juga sebagai upaya menjaga kestabilan harga beras dan memenuhi kebutuhan penerima menjelang masuknya bulan Ramadhan. Selain itu, Bulog bekerja sama dengan sejumlah BUMN juga sedang menggagas pelaksanaan operasi pasar bersama.

Ia menambahkan, Bulog Aceh saat ini sudah menyalurkan bansos rastra jatah April sebanyak 15.119 ton atau 86 persen. Hanya dua kabupaten yang belum menyelesaikan penyaluran yaitu Aceh Barat dan Simeulue.

Pihaknya juga menyatakan berkomitmen menyalurkan tepat wakturastra yang sudah dijatahkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).(mun)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved