INFO HAJI

Kemenag Seleksi Petugas Haji

Kanwil Kemenag Aceh, Kamis (12/4), menggelar ujian terhadap calon petugas haji 2018. Ujian yang dipusatkan

Kemenag Seleksi Petugas Haji
HM DAUD PAKEH, Kakanwil Kemenag Aceh 

* Diikuti 99 Peserta

BANDA ACEH - Kanwil Kemenag Aceh, Kamis (12/4), menggelar ujian terhadap calon petugas haji 2018. Ujian yang dipusatkan di Asrama Haji Banda Aceh meliputi tes menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), wawancara, dan Praktik. Seleksi tersebut diikuti 99 peserta dari kalangan PNS, santri dayah, dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam.

Para calon petugas haji yang mengikuti ujian tersebut akan menempati posisi sebagai Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan petugas non kloter PPIH Arab Saudi. Sebelumnya, pada 29 Maret lalu semua peserta sudah lulus dari tes tahap awal di tingkat Kantor Kemenang masing-masing kabupaten/kota.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Drs HM Daud Pakeh, saat pembukaan ujian menyampaikan bahwa rekruitmen calon petugas haji ini sangat penting. Karena mereka nanti akan memandu dan membantu para jamaah selama di tanah suci.

Ia menyebutkan, ada beberapa poin penting yang diamanahkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar, terhadap para peserta ujian. Bahwa seluruh peserta mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, para pihak terkait harus sportif, konsekuen dan konsisten serta mengutamakan profesionalitas. Dia juga meminta kepada para peserta yang nanti tidak lulus menjadi petugas haji, agar tidak berkecil hati.

“Kepada peserta yang lolos dalam seleksi, kami harapkan segera mempersiapkan diri karena masih ada proses selanjutnya yang akan menentukan keputusan akhir sebagai petugas yang diamanahkan,” ujarnya.

Daud Pakeh menambahkan, ini menjadi tahun pertama diberlakukan sistem CAT untuk seleksi calon petugas haji. Tujuannya untuk mencari petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved