Berita Internasional

Petinggi Kelompok Houthi Tewas Dalam Serangan Udara Arab Saudi

Samad menjadi pejabat Houthi tertinggi yang telah terbunuh dalam serangan pasukan koalisi hingga saat ini.

Petinggi Kelompok Houthi Tewas Dalam Serangan Udara Arab Saudi
BBC

SERAMBINEWS.COM, SANAA - Salah seorang petinggi di kelompok milisi Houthi dilaporkan tewas dalam sebuah serangan udara yang dilancarkan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi pada pekan lalu.

Saleh al-Samad, pemimpin dewan politik tertinggi Houthi dipastikan menjadi salah satu korban tewas dalam sebuah serangan udara oleh pesawat tempur pasukan koalisi di provinsi Hodeidah pada Kamis (19/4/2018).

Diberitakan kantor berita Saba, Samad menjadi pejabat Houthi tertinggi yang telah terbunuh dalam serangan pasukan koalisi hingga saat ini.

Baca: Gara-gara Stress, Hotman Paris Hutapea Ngaku Pernah Coba Minum Baygon Untuk Bunuh Diri

Baca: Rekam Jejak Maria Simorangkir, Dari Dilihat Sebelah Mata Hingga Melesat Jadi Juara Indonesian Idol

Kematian Samad pun menjadi kehilangan besar bagi kelompok pemberontak yang tengah berperang melawan pemerintahan Presiden Yaman, Abedrabbo Mansour Hadi yang didukung koalisi pimpinan Saudi.

Segera setelah diumumkannya kematian Samad, kelompok Houthi langsung menunjuk penggantinya, yakni Mehdi Hussein al-Mashat, yang sebelumnya merupakan wakil dari pemimpin Houthi, Abdul Malek al-Huthi.

Sementara pemimpin tertinggi Houthi, Abdul Malek al-Huthi menyebut pihaknya tidak akan tinggal diam setelah serangan yang menewaskan Samad. "Kejahatan ini tidak bisa dibiarkan," ujar al-Huthi sembari menambahkan ada enam orang lain yang turut tewas dalam serangan udara yang sama.

Baca: Masih Misterius, Asal dan Pemilik Kapal Ponton yang Ditemukan tanpa Awak di Pulau Banyak

Dalam pernyataannya, al-Houthi menegaskan bahwa Arab Saudi dan juga sekutunya, AS, akan bertanggung jawab atas kematian Samad.

Pada kesempatan yang sama, pemimpin Houthi yang jarang tampil di muka publik itu turut mengecam serangan udara koalisi Saudi yang menyerang pesta pernikahan di Hajja.

Serangan udara tersebut mengakibatkan setidaknya 20 orang meninggal dunia, termasuk perempuan dan anak-anak, serta puluhan lainnya mengalami luka-luka. Demikian dilansir AFP.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tokoh Nomor Dua Houthi Tewas dalam Serangan Udara Koalisi Arab Saudi

Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved