INFO HAJI

Jamaah Haji Indonesia Akan Terima Makan 40 Kali dan Jarak Hotel Maksimal 4,5 Km dari Masjidil Haram

Untuk SPM konsumsi, jemaah haji Indonesia akan menerima 40 kali makan selama di Makkah, berupa makan siang dan malam.

Jamaah Haji Indonesia Akan Terima Makan 40 Kali dan Jarak Hotel Maksimal 4,5 Km dari Masjidil Haram
Net
Ilustrasi Jamaah Haji di Arafah 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) telah mengeluarkan keputusan yang mengatur standar pelayanan minimal (SPM) yang akan diterima jemaah haji Indonesia selama di Arab Saudi. SPM itu mencakup layanan akomodasi, konsumsi, dan transportasi darat.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, Keputusan Dirjen PHU tentang SPM ini dibuat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

“Keputusan ini menjadi acuan bagi tim Ditjen PHU dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia selama di Arab Saudi,” kata Sri Ilham seperti dikutip dari laman Kementerian Agama, Rabu (25/04/2018).

Baca: Karena 6 Faktor Tak Terduga Ini, Amerika Diperkirakan Tak Berani Serang Indonesia

Baca: Dilecehkan dan Dicabuli Saat Bimbingan Skripsi, Mahasiswi Unila Masih Shock

Menurut Sri Ilham, SPM ini mencakup tiga hal, yaitu akomodasi, konsumsi, dan transportasi darat. SPM akomodasi mengatur mulai dari persyaratan wilayah akomodasi, misalnya jarak di Makkah maksimal 4500 meter dari Masjidil Haram dan di Madinah maksimal 1500 meter dari Masjid Nabawi.

“Untuk kualitas akomodasi, bangunan harus baik dan layak, lift memadai, serta tersedia tempat makan. Khusus di Makkah, harus ada mushalla,” ujar Sri Ilham.

Penyedia akomodasi, lanjut Sri Ilham, juga harus menyediakan sejumlah layanan, antara lain: petugas pembawa koper jemaah (tahmil dan tanzil) sampai lantai kamar, air minum 1 liter per hari per jemaah, mesin cuci, serta petugas kebersihan dan keamanan. “Khusus di Madinah, disiapkan juga layanan ziarah,” tuturnya.

Baca: Tahun Ini Pemerintah Akan Rekrut 200 Ribu CPNS

Baca: Tanpa Perlu Ditambal, Penemuan Terbaru Cara Memperbaiki Gigi Berlubang yang Mudah Sekali

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved