Hari Air Dunia, Komunitas Selingan Tanam Pohon di Bantaran Krueng Manggeng

Dalam kegiatan tersebt, puluhan bibit jengkol ditanam di atas bantaran sungai tersebut sebagai langkah komunitas tersebut.

Hari Air Dunia, Komunitas Selingan Tanam Pohon di Bantaran Krueng Manggeng
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Anggota Komunitas Selingan (Sigupai Peduli Sungai dan Lingkungan), menanam bibit pohon jengkol di bantaran aliran sungai (krueng) Manggeng, Desa Tengah, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya, Minggu (29/4/2018). Kegiatan itu dalam rangka Hari Air Dunia XXVI 2018, sekaligus sosialisasi komunitas tersebut. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Anggota Komunitas Selingan (Sigupai Peduli Sungai dan Lingkungan), melaksanakan kegiatan pembersihan sungai dan penanaman pohon di bantaran aliran sungai (krueng) Manggeng lokasi Desa Tengah, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kegiatan yang dilaksanakan, Minggu (29/4/2018) itu dalam rangka sosialisasi komunitas yang dibentuk tahun 2016 itu, sekaligus dalam rangka Hari Air Dunia XXVI tahun 2018.      

Salah seorang Anggota Komunitas Selingan, Usmadi kepada Serambinews.com menjelaskan, kegiatan bersih sungai (krueng) Manggeng, dan penanaman pohon di bantaran sungai Manggeng di lokasi Desa Tengah, dipandu Ketua Komunitas, Dr Muhibuddin M Eng.

Baca: Satgas TMMD Tanam Pohon di Lahan Cluster

Dalam kegiatan tersebt, puluhan bibit jengkol ditanam di atas bantaran sungai tersebut sebagai langkah komunitas tersebut.

Penanaman pohon tersebut juga melibatkan Kepala Dusun (Kadus) Mangga, Supriadi,  Kadus Jeruk, Ahmad dan Ketua Pemuda Desa Tengah, Muhammadin. 

Usmadi atas nama tokoh masyarakat setempat menyambut baik usaha yang dilakukan komunitas tersebut dengan harapan kegiatan ini tetap berkesinambungan.

Baca: Mahasiswa Biologi UIN Ar-Raniry Tanam Pohon di Pantai Penyu Leupung

Lebih penting lagi kegiatan yang dilaksanakan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan aliran sungai. 

Sementara Ketua Komunitas Selingan, Dr Muhibuddin M Eng mengatakan, menjaga air sangat penting bagi kehidupan manusia. Seperti menjaga seorang ibu, begitulah keutamaan dabn pentingnya bagi diri manusia. (*)  

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved