Dinas Koperasi dan UKM Akan Bantu Modal Usaha Rp 20-35 Juta untuk 60 Mahasiswa Abulyatama

Akan dipilih 60 orang yang sudah berusaha, lalu dilatih kembali dan diberikan bantuan peralatan kerja senilai Rp 20-Rp 25 juta/unit usaha.

Dinas Koperasi dan UKM Akan Bantu Modal Usaha Rp 20-35 Juta untuk 60 Mahasiswa Abulyatama
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Kadis Koperasi dan UKM Aceh, Roeslan Abdul Gani berbincang bersama seorang mahasiswa peserta sosialisasi dan bimbingan teknis kewirausahaan di Aula Kampus Universitas Abulyatama, Senin (7/5/2018). 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Koperasi dan UKM Aceh melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis kewirausahaan bagi mahasiswa/mahasiswi Universitas Abulyatama (Unaya),Senin (7/5/2018).

Kegiatan tersebut belangsung di Gedung Pertemuan Lantai III Universitas Abulyatama, di Aceh Besar.

"Peserta yang kami minta pada pihak Retorat Universitas Abulyatama awalnya hanya 400 orang, tapi yang hadir hampir 600 orang. Ini artinya minat mahasiswa Unaya terhadap wirausaha sangat tingi,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Dr Roeslan Abdul Gani MPd, dalam sambutannya.

(Baca: Usung Misi Peduli Yatim, Unaya-UCB Malaysia Teken MoU)

Hadir pada acara pembukaan sosialisasi tersebur, Purek II Universitas Abulyatama, Drs Syaifuddin MPd, Purek III Ijzil, dan sejumlah dekan. 

Kegiatan ini, kata Roeslan, merupakan bagian dari pelaksanaan gerakan wirausaha pemula dalam rangka pelaksanaan 15 program unggulan pemerintahan Irwandi-Nova, terutama untuk program Aceh Kreatif dan Aceh Kaya.

Dari 600 mahasiswa yang ikut sosialisasi dan bimbingan teknis kewirausahaan pemula ini, kata Roeslan, akan dipilih 60 orang yang sudah berusaha, lalu dilatih kembali dan diberikan bantuan peralatan kerja senilai Rp 20-Rp 25 juta/unit usaha.

Mahasiswa yang terpilih dalam program tersebut, akan dibantu untuk mendapat pinjaman kredit lunak kepada perbankan, antara lain BRI dan Bank Aceh Syariah.

(Baca: Tinjau Realisasi Investasi di Aceh Timur, Pemerintah Aceh Minta Perbankan Beri Dukungan Dana)

Kegiatan yang serupa, kata Roeslan, akan dilakukan di Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat dan Universitas Jabar Ghafur, Pidie, serta beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya di Aceh.

Salah satu tujuan dari program Aceh Kreatif dan Aceh Kaya ini, antara lain menumbuhkan kembali semangat kewirausahaan di kalangan pemuda dan pemudi Aceh, agar tidak hanya berharap menjadi PNS setelah lulus kuliah.

"Kalau pola pikir seperti itu tidak kita ubah dari sekarang, maka di Aceh ke depan bakal banyak sarjana S1, S2 dan S3 yang jadi pengangguran intelektual,” kata Roeslan.(*)

Penulis: Herianto
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved