Nasional

Sekitar 20 WNI Terancam Hukuman Mati di Arab Saudi

Beberapa dari jumlah tersebut ada yang sudah berkeputusan qisas (dibalas seperti perbuatannya) bahkan ada yang berkekuatan hukum tetap.

Sekitar 20 WNI Terancam Hukuman Mati di Arab Saudi
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Osamah Mohammed Abdullah Shuibi mengatakan ada sekitar 20 warga negara Indonesia (WNI) yang terancam hukuman mati di Arab Saudi.

Beberapa dari jumlah tersebut ada yang sudah berkeputusan qisas (dibalas seperti perbuatannya) bahkan ada yang berkekuatan hukum tetap.

Osamah menjelaskan bahwa seharusnya pemerintah Indonesia ikut memberikan sosialisasi peraturan dan hukum yang berlaku di Arab Saudi.

Baca: Setelah Hampir Setahun Kepergiannya, Begini Kondisi Musala Warisan Julia Perez

Baca: Bolehkah Ziarah Kubur Jelang Bulan Puasa dan Apa Hukumnya? Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad

“Karena hukuman mati tak hanya dilaksanakan di Arab Saudi tapi di Amerika Serikat bahkan Indonesia. Vonis qisas melalui berbagai tahapan, tak hanya meminta pertimbangan dari pemerintah tapi juga keluarga.”

“Untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari pemerintah Indonesia baiknya melakukan sosialisasi dan pembelajaran terhadap aturan dan hukum yang berlaku kepada WNI yang akan masuk Arab Saudi. Baik untuk bekerja maupun sebagai jamaah umroh,” ungkap Osamah melalui bantuan penerjemah di Kedubes Arab Saudi di Jakarta Selatan, Senin (7/5/2018).

Osamah menjelaskan sejatinya pemerintah Arab Saudi sudah berusaha mendekati pihak keluarga yang meminta dilakukan vonis qisas agar tidak jadi menuntut vonis tersebut kepada WNI yang melanggar hukum.

Baca: Cuti Bersama Idul Fitri 7 Hari Ditetapkan, Bagaimana Libur Pegawai Swasta?

Baca: Mengharukan! Meninggal 5 Hari Lalu, Istri Aktor Tampan Ini Ternyata Baru Saja Rayakan Ulang Tahun

Ia sendiri menyatakan keheranannya atas banyaknya kegiatan demonstrasi di depan Kedubes Arab Saudi usai pemerintah Arab Saudi melakukan eksekusi mati terhadap Zaini Misrin yaitu TKI yang dituduh membunuh majikannya.

“Pasca pelaksanaan hukuman mati banyak aksi unjuk rasa digelar di Kedubes Arab Saudi padahal pelaksanaan hukuman perlu untuk menegakkan syariat Islam yang perlu. Sehingga perlu pembelajaran dan pengetahuan terhadap mereka yang akan masuk Arab Saudi,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ada 20 WNI Terancam Hukuman Mati di Arab Saudi

 

Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved