Nasional

Jarang Diketahui, Inilah Rudal KH-29 Senjata Mematikan Milik TNI AU

Dibandingkan dengan rudal AGM-65 buatan Hughes Missile Systems/Raytheon dari AS, kehadiran Kh-29 memang delapan tahun lebih lambat.

Jarang Diketahui, Inilah Rudal KH-29 Senjata Mematikan Milik TNI AU
Rudal KH-29 

SERAMBINEWS.COM - Kh-29 atau X-29 yang dalam inventori Departemen Pertahanan Rusia diberi kode 9M721 mulai digunakan dalam jajaran dinas AU Rusia (Uni Soviet kala itu) sejak tahun 1980.

Hingga kini masih menjadi salah satu rudal udara ke permukaan (ASM – air to surface missile) paling berbahaya.

Pembuatan rudal ini dimulai tahun 1975 oleh biro desain Molniya di Moskwa yang sebelumnya telah melahirkan rudal udara ke udara semacam R-8, R-4 (K-80) dan R-40.

Dibandingkan dengan rudal AGM-65 buatan Hughes Missile Systems/Raytheon dari AS, kehadiran Kh-29 memang delapan tahun lebih lambat.

Baca: Lowongan CPNS 2018 – Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui, Ternyata Ada Daerah yang tidak Dapat Jatah

Baca: Kehidupan Mulan Jameela Diterawang Roy Kiyoshi, Bagaimana Tanggapannya?

AU AS mulai menggunakan AGM-65Maverick sejak 1972 dan kini telah memasuki masa operasional 42 tahun serta digunakan oleh lebih 30 negara.

Kh-29 merupakan produk pertama rudal udara ke darat Molniya dengan kode awal “Izdelye 64” (Produk 64).

Rudal ini pertama kali diuji coba tahun 1976 dan terus disempurnakan hingga akhirnya masuk ke dalam jajaran arsenal AU Uni Soviet.

Setahun berikutnya, pengembangan Kh-29 dilanjutkan oleh biro desain Vympel di Tushino dekat Moskwa karena Molniya beralih ke proyek ruang angkasa.

Pada awal masa operasional, rudal Kh-29 menjadi senjata ampuh bagi armada pesawat penyerang darat Su-24M. Rudal ini tercatat banyak digunakan perang Iran-Irak.

Baca: Ferdinand Hutahaean: Bu Sri Mulyani, Tolong Jangan Hinakan Bangsa Ini Jadi Sales IMF

Baca: Rekanan: Syarat Tender Ngawur

Rudal dengan panjang 3,9 m dan diameter 38 cm (40 cm lebih panjang dan 8 cm lebih besar dari Maverick). Dilengkapi hulu ledak seberat 320 kg, berarti lebih banyak dari hulu ledak Maverick yang berkisar antara 37-136 kg.

Halaman
123
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved