Dua Daerah Dapat Jatah Cetak Sawah

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Aceh, A Hanan SP MM mengatakan program pencetakan

Dua Daerah Dapat Jatah Cetak Sawah
SUASANA rakor upaya mewujudkan Aceh Hebat dalam pencapaian target tanam padi, jagung dan kedelai 2018, di Amel Convention, Selasa (8/5). 

BANDA ACEH - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Aceh, A Hanan SP MM mengatakan program pencetakan sawah baru pada 2018 terus berlanjut. Tujuannya untuk mengimbangi pengurangan lahan sawah produktif yang selama ini sudah banyak digunakan untuk nonpertanian.

A Hanan menyampaikan hal ini dalam paparan materinya tentang upaya peningkatan luas tanam padi, jagung, dan kedelai saat Rapat Koordinasi (Rakor) Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedelai tahun 2018, di Amel Convention, Banda Aceh, Selasa (8/5).

“Pada tahun ini dari sumber APBN, ada program pencetakan sawah baru seluas 400 hektare untuk Kabupaten Pidie seluas 200 hektare dan Kota Subulussalam seluas 200 hektare,” sebut A Hanan.

Dua tahun sebelumnya, kata Hanan, pihaknya juga telah melakukan pencetakan sawah baru, yaitu pada 2016 seluas 2.359 hektare di lima kabupaten/kota dan 2.783 hektare pada 2017 di 13 kabupaten/kota.

Program ini bekerja sama Kodam Iskandar Muda dan jajarannya. Hal ini sesuai penandatanganan kerjasama atau MoU antara pihak Kementerian Pertanian dengan TNI Angkatan Darat, 8 Januari 2015.

Hanan menyebutkan program cetak sawah baru ini berlanjut pada 2018, sehingga dalam rakor kemarin juga melibatkan pihak-pihak terkait dalam program ini, antara lain pihak Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dan jajaran Kodam Iskandar Muda, Danrem dan Kodim se-Aceh, Bulog, BPS, BMKG, dan pihak Dinas Pengairan. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved