Breaking News:

Pekerja PLN Temukan Granat Lontar

Hamdan (39) pekerja PLN yang menggali tanah untuk pemasangan tiang listrik di Gampong Baro, Kecamatan Darul Aman

Editor: bakri
Jibomb Kompi 2 Batalyon B Pelopor Brimob Aramia mengevakuasi sebuah bom atau bahan peledak jenis tabung pelontar di Desa Gampong Baro, Darul Aman, Aceh Timur, Selasa (8/5). Tabung pelontar yang diperkirakan memiliki panjang 15 centimeter dan diduga sisa peninggalan konflik Aceh tersebut ditemukan warga saat menggali tanah untuk pemancangan tiang listrik pada Senin (7/5). 

IDI - Hamdan (39) pekerja PLN yang menggali tanah untuk pemasangan tiang listrik di Gampong Baro, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, Senin (7/5) sore menemukan satu granat lontar yang diduga masih aktif. Beruntung benda itu tidak meledak saat cangkul yang ia gunakan membentur granat tersebut.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, melalui Kapolsek Darul Aman, AKP Masri Aswara, mengatakan bahwa penemuan peluru GLM itu berawal saat Hamdan menggali tanah di lahan milik Soraya untuk pemasangan tiang listrik. Saat sedang menyangkul, ia sempat mendengar bunyi benturan logam yang cukup keras. Namun Hamdan tetap melanjutkan penggalian tanah.

Kemudian benda yang berbalut tanah itu pun diperiksanya. Saat itulah ia menyadari bahwa logam itu merupakan bahan peledak berbahaya, apalagi bentuknya memang mirip peluru dengan ukuran besar.

Hamdan dan temannya bernama Fadil kemudian mengamankan benda itu dengan memasukkannya ke dalam plastik dan dijauhkan dari jangkauan warga, dan kemudian melaporkan temuannya itu kepada Keuchik Gampong Baro, Kecamatan Darul Aman.

Selanjutnya, keuchik memberitahukan Kapolsek setempat yang langsung menurunkan Kanit Intel Polsek Darul Aman, Bripka Ruly untuk mengecek ke lokasi penemuan granat lontar tersebut.

“Saat ini amunisi GLM yang diperkirakan peninggalan masa konflik Aceh itu, telah diamankan oleh tim Jihandak Brimbo Aramia. Lokasi penemuan juga telah disterilkan,” kata AKP Masri Aswara, kapolsek setempat.(c49)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved