Breaking News:

PDAM dan PLN Harus Maksimal

Anggota Komisi B DPRK Banda Aceh, Arida Sahputra, mengimbau pihak PDAM Tirta Daroy dan PT PLN

Editor: bakri
Seorang anak sedang belajar menggunakan penerang lilin karena listrik hampir setiap malam padam. 

* Saat Bulan Ramadhan

BANDA ACEH - Anggota Komisi B DPRK Banda Aceh, Arida Sahputra, mengimbau pihak PDAM Tirta Daroy dan PT PLN untuk memberi pelayanan maksimal kepada warga selama bulan Ramadhan.  Dia meminta distribusi air dan listrik tidak terhenti selama bulan puasa tersebut.

Karenanya, Sekretaris Fraksi PKS DPRK Banda Aceh itu meminta agar PLN dan PDAM menuntaskan semua persoalan yang akan berdampak pada tidak normalnya pasokan listrik maupun air bersih selama Ramadhan. Masih ada waktu beberapa hari lagi bagi PLN dan PDAM untuk memperbaiki semua yang masih bermasalah.

Arida mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ini listrik mulai sering padam dan air bersih sering terhenti ke rumah warga. “Banyak warga Banda Aceh yang mengeluhkan persoalan listrik dan air, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Persoalan ini harus segera diselesaikan sebelum bulan Ramadhan,” ujarnya.

Jika pelayanan listrik atau air bersih terganggu, tambah Arida, maka kondisi itu dapat menganggu kekusyukan warga Kota Banda Aceh dalam melaksanakan ibadah puasa. Mulai dari aktivitas sahur, buka puasa, ibadah taraweh, hingga tadarus. “Jadi kami harap agar pada Ramadhan tahun ini ada perubahan baik pada PLN maupun PDAM, sehingga tidak terkesan persoalan yang muncul itu-itu saja,” tegasnya.

Khusus untuk PDAM Tirta Daroy, Arida meminta agar menyediakan mobil tangki air yang siaga memasok kebutuhan air bagi masjid dan mushala, jika sewaktu-waktu pasokan air di fasilitas publik itu terganggu. Mengingat kebutuhan air di tempat-tempat ibadah biasanya meningkat selama Ramadhan. Selain itu, ia meminta PDAM meningkat pemeliharaan unit produksi dan jaringan, supaya tidak gangguan saat Ramadhan.

“Sekali lagi kami harapkan kepada Wali Kota Banda Aceh agar menginstruksikan jajarannya agar siaga selama Ramadhan. Dan kegiatan-kegiatan bernuansa Islam juga ditingkatkan,” pungkas Arida.

Manajer PLN Area Banda Aceh, Wahyu dan Direktur PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub sepakat mengatakan, selama Ramadhan mereka memastikan suplai listrik dan air bersih aman. Namun jika pun terganggu, dapat dipastikan karena ada peristiwa di luar dugaan. Misalnya bocor pipa atau pohon tumbang yang menyebabkan jaringan listrik tumbang.

Wahyu mengatakan, listrik untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar memang dapat dipastikan aman. Karena akan mendapatkan suplai arus dari PLTU Nagan, PLTMG Arun, dan PLTD Luengbata. Sedangkan pemeliharaan rutin juga akan dikurangi intesitasnya selama Ramadhan.

Sementara T Novrizal Aiyub menyampaikan, beberapa waktu lalu mereka sudah memperbaiki pipa yang patah di Pango dan dipastikan suplai air akan lancar. “Tapi kalau ada peristiwa diluar dugaan seperti pipa patah, maka sudah pasti terganggu, tapi kami sudah siagakan teknisi dan alat untuk menggantinya, biasanya satu hari selesai,” ujarnya.(mun)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved