Krisis Palestina

Ini Enam Usulan Indonesia untuk Dorong Palestina Merdeka, Dibacakan Wapres JK di KTT OKI

Jusuf Kalla menyerukan kepada negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk bersatu membantu kesulitan negara Palestina.

Anadolu Agency/Kayhan Özer
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (8 dari kanan), Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah (9 dari kanan), Wapres RI M Jusuf Kalla (11 dari kanan) dan perwakilan negara lainnya, yang hadir pada KTT Luar Biasa OKI di Turki, menghadiri aksi solidaritas untuk Palestina di Lapangan Yenikapi Istanbul, Jumat (18/5/2018). 

SERAMBINEWS.COM, ISTANBUL - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengungkapkan keprihatinannya atas kejadian di Yerusalem dan Gaza.

Jusuf Kalla menyerukan kepada negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk bersatu membantu kesulitan negara Palestina.

“Saya hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  ini dengan hati sedih, melihat terus jatuhnya korban sipil di Gaza. Kekerasan demi kekerasan terjadi,” ujar Jusuf Kalla saat menyampaikan pidato pada KTT luar biasa OKI di Istanbul, Turki, Jumat (18/5/2018).

Jusuf Kalla mengatakan ketidakadilan di Palestina terus terjadi tanpa ada yang dapat menghentikannya.

“Kejadian beberapa hari ini mengingatkan saya pada apa yang terjadi 70 tahu lalu,” ucap Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla merasa kian miris saat mencermati pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem pada 14 Mei 2018.

Netanyahu mengatakan antara lain "Yerusalem tidak dapat dipisahkan. Jerusalem menjadi ibukota Israel".

Menurut Jusuf Kalla, pernyataan ini sangat berbahaya.

“Pidato tersebut penuh arogansi dan  menghancurkan harapan rakyat Palestina. Harapan kita semua dan dunia,” tegas Jusuf Kalla.

Untuk itu, Jusuf Kalla meminta persamaan sikap di antara negara OKI harus terus ditingkatkan dan bersatu membantu Palestina.

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved