Breaking News:

Krisis Palestina

Mesir Buka Pintu Perbatasan Rafah Sepanjang Ramadhan

Sabtu lalu, Pemerintah Mesir membuka Pintu Perbatasan Rafah untuk "situasi kemanusiaan" selama 4 hari.

Anadolu Agency/Wisam Hashlamoun
Perempuan Palestina menjalani pemeriksaan saat menyeberangi titik kontrol di Tepi Barat yang memisahkan kota Bethlehem dan Yerusalem, Jumat (18/5/2018) dinihari. 

SERAMBINEWS.COM, KAIRO - Pemerintah Mesir mengumumkan bahwa Rafah, satu-satunya pintu perbatasan yang menghubungkan Gaza dengan dunia luar, akan dibuka selama bulan Ramadan.

Pembukaan pintu Rafah ini dimaksudkan untuk meringankan beban penduduk di wilayah itu Gaza selama bulan Suci.

“Saya telah memberikan instruksi kepada lembaga terkait agar penyeberangan dari Pintu Perbatasan Refah terus berlanjut sepanjang Ramadan, untuk meringankan beban saudara-saudara di Jalur Gaza,” kata Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi melalui akun resmi Facebook-nya, Jumat (18//5/2018).

Sabtu lalu, Pemerintah Mesir membuka Pintu Perbatasan Rafah untuk "situasi kemanusiaan" selama 4 hari.

Israel mengendalikan enam dari tujuh  pintu perbatasan yang digunakan untuk aktivitas keluar masuk Gaza, sementara satu lainnya, pintu perbatasan Rafah berada di bawah kendali Mesir.

Israel menutup empat pintu perbatasan komersial dari enam pintu perbatasan yang berada di bawah kendalinya setelah Hamas berhasil memenangkan pemilu pada Juni 2007.

Dua pintu perbatasan lainnya, Erez, digunakan untuk aktivitas keluar masuk pemegang paspor asing, pasien, dan pengusaha ke Tepi Barat.

Warga Palestina menyebrang pos pemeriksaan Qalandiya untuk melaksanakan salat Jumat pertama pada bulan suci Ramadan di Masjid Al-Aqsha, setelah pemerintah Israel mengizinkan orang Palestina hanya mereka yang berusia di atas 40 tahun dan anak-anak, di Ramallah, Tepi Barat pada 18 Mei 2018.
Warga Palestina menyebrang pos pemeriksaan Qalandiya untuk melaksanakan salat Jumat pertama pada bulan suci Ramadan di Masjid Al-Aqsha, setelah pemerintah Israel mengizinkan orang Palestina hanya mereka yang berusia di atas 40 tahun dan anak-anak, di Ramallah, Tepi Barat pada 18 Mei 2018. (Anadolu Agency/Rimawi Issam)
Israel mengizinkan warga Palestina yang ingin melaksanakan shalat Jumat pertama Ramadhan 1439 H, di Masjid al-Aqsha. Orang-orang Palestina, kebanyakan wanita, menyeberangi titik kontrol di Tepi Barat yang memisahkan kota Bethlehem dan Yerusalem sejak dini hari.
Israel mengizinkan warga Palestina yang ingin melaksanakan shalat Jumat pertama Ramadhan 1439 H, di Masjid al-Aqsha. Orang-orang Palestina, kebanyakan wanita, menyeberangi titik kontrol di Tepi Barat yang memisahkan kota Bethlehem dan Yerusalem sejak dini hari. (Anadolu Agency/ Wisam Hashlamoun)

Sementara pintu perbatasan Karm Abu Salem digunakan untuk keluar masuk beberapa produk komersial.

Pintu perbatasan Karm Abu Salem dan Erez kerap ditutup dengan berbagai sebab.

Sementara itu, Pemerintah Mesir hampir sepenuhnya menutup pintu perbatasan Rafah setelah kudeta militer pada tahun 2013.

Halaman
12
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved