Polres Langsa Sita 70 Ribu Petasan

Tim gabungan Sat Reskrim dan Intel Polres Langsa, Jumat (18/5), berhasil menyita70 ribu petasan yang diperjualbelikan secara bebas

Polres Langsa Sita 70 Ribu Petasan
Warga bersama petugas pemadam berusaha memadamkan kobaran api yang membakari enam unit rumah semi permanen di Lorong Damai, Desa Batuphat Barat, Kecamatan Muara satu, Lhokseumawe, Senin (28/7/2014) malam sekitar pukul 19.15 WIB terbakar. Sedangkan penyebab kebakaran diduga kuat akibat percikan api dari petasan. SERAMBI/ZAKI MUBARAK 

LANGSA - Tim gabungan Sat Reskrim dan Intel Polres Langsa, Jumat (18/5), berhasil menyita70 ribu petasan yang diperjualbelikan secara bebas di kawasan Pasar Langsa. Petasan disita karena dapat mengganggu pelaksanaan ibadah puasa.

Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa SIK yang didampingi Kabag Ops Kompol Chairul Ihsan SIK, Kasat Reskrim Iptu Agung Wijaya Kusuma SIK, Kasubbag Humas Iptu Imran SE, saat menggelar konferensi pers, mengatakan, petasan yang disita ini tidak memenuhi syarat penjualan.

Menurut Kapolres, jumlah petasan yang diperkirakan sebanyak 70 ribu tersebut disita dari para pedagang yang menggelar lapaknya di seputaran Jalan Pusat Pasar Langsa, kawasan Jalan T Umar (toko depan). Selain berbahaya digunakan oleh anak-anak karena memiliki daya ledakan,

suara petasan jenis mercun cabai ini juga otomatis menganggu kekusyukan umat muslim terutama saat berlangsungnya ibadah Tarawih.

Polres Langsa akan terus secara intensif melakukan operasi pembersihan petasan ini sampai menjelang tibanya hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah mendatang. Sementara itu, petasan yang telah disita ini akan segera dimusnahkan. Pada kesempatan ini, AKBP Satya Yudha Prakasa SIK mengimbau kepada seluruh pedagang di wilayah hukum Polres Langsa agar tidak memperjualbelikan petasan yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat di bulan Ramadhan.

“Kita harapkan dengan adanya razia ini memberikan efek jera kepada pedagang, ke depan mereka tidak menjual petasan itu lagi. Razia ini kita lakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa,” imbuh Kapolres. (zb)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved