Gugat Pergub APBA, DPRA Gandeng Yusril Ihza Mahendra

DPRA memastikan akan menggandeng ahli hukum tata negara, Prof Yusril Ihza Mahendra, untuk menggugat dua kebijakan itu.

Gugat Pergub APBA, DPRA Gandeng Yusril Ihza Mahendra
Yusril Ihza Mahendra 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Rencana DPRA menggugat Peraturan Gubernur Aceh Nomor 9 Tahun 2018 tentang APBA, dan Pergub Aceh Nomor 5 Tahun 2018 tentang Hukum Acara Jinayat, sepertinya tak main-main.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 45 dari 81 anggota DPRA yang hadir dalam sidang paripurna khusus akhir April lalu, menyetujui menggugat dua peraturan Gubernur Aceh yang dinilai DPRA tidak tepat tersebut.

Oleh sebab itu, DPRA memastikan akan menggandeng ahli hukum tata negara, Prof Yusril Ihza Mahendra, untuk menggugat dua kebijakan Gubernur Aceh itu.

Baca: Ini Dampak Bagi Rakyat Aceh Bila Gugatan Pergub APBA 2018 Oleh DPRA Dikabulkan

Selain Yusril, DPRA juga menggunakan jasa kuasa hukum lokal di Aceh, yaitu Mukhlis Mukhtar SH dan Burhanuddin SH.

Kepastian menggandeng Yusril dalam rencana gugatan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRA, Tgk Muharuddin saat diwawancarai Serambi usai sidang paripurna penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemerintah Aceh tahun 2017 di Gedung DPRA, Rabu (23/5/2018). 

Baca: Ombudsman: Jangan Gugat Pergub APBA

"Kita melihat perlu ahli tata negara yang sesuai dengan isi gugatan kita, sehingga dalam diskusi- diskusi kita muncul pemikiran untuk menggunakan Pak Yusril, salah satu kuasa hukum yang paham tentang ini. Di samping itu kita juga gunakan pengacara di Aceh, yaitu Saudara Mukhlis Mukhtar dan Burhanuddin," kata Muharuddin.

Lantas, kapan DPRA akan mendaftar dua gugatan itu, menurut Muharuddin, pihaknya berencana akan berangkat ke Jakarta pekan depan termasuk untuk menyesuaikan terlebih dulu jadwal Yusril Ihza Mahendra.

"Sementara hasil telaahan dari kuasa hukum telah disiapkan oleh Pak Mukhlis dan Pak Burhanm," pungkasnya. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved