Sultan Brunei Kirim Oleh-oleh untuk Santri di Aceh Jaya

Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) YDM Pehin Datu Pekerma Jaya, Mayor Jenderal Dato Sri Pahlawan

Sultan Brunei Kirim Oleh-oleh untuk Santri di Aceh Jaya
Panglima Angkatan Bersenjata Brunei Darussalam, Mejar Jeneral Pengiran Dato Seri Pahlawan Aminan Bin Pengiran Haji Mahmud (kanan) didampingi Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen Abdul Hafil Fuddin, meninjau Masjid Raya Baiturrahman usai melaksanakan shalat dzuhur, Kamis (24/5/2018). Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Brunei Darussalam ke Aceh merupakan kegiatan rutin tahunan setiap Ramadhan dalam rangka menyantuni anak yatim di Kabupaten Aceh Jaya. SERAMBI/M ANSHAR 

* Dibawa oleh Pangab Kerajaan

BANDA ACEH - Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) YDM Pehin Datu Pekerma Jaya, Mayor Jenderal Dato Sri Pahlawan Aminan bin Pangeran Haji Mahmud beserta rombongan mengunjungi Aceh, Kamis (24/5). Salah satu agendanya adalah membawa oleh-oleh dari Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, kepada santri salah satu pesantren di Kabupaten Aceh Jaya.

“Kami datang dalam rangka membawa oleh-oleh dari Baginda Sultan (Brunei Farussalam) untuk diserahkan kepada santri di pesantren di Aceh Jaya,” ujar Mayor Jenderal Dato Sri Pahlawan Aminan, menjawab wartawan, termasuk Serambi, di halaman Masjid Raya Banda Aceh, Kamis (24/5).

Saat berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Pangab Brunei Darussalam didampingi oleh Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI T Abdul Hafil Fuddin, serta Imam Besar Masjid Raya, Prof Dr Azman Ismail, dan pengurus Masjid Raya, Tgk Ridwan Johan.

Di Masjid Raya, Panglima Brunei diajak berkeliling melihat arsitektur masjid bersejarah di Aceh tersebut dan kemegahan payung yang berada di bagian halaman masjid. Panglima Brunei itu juga diajak Pangdam IM melihat beberapa situs tsunami lainnya.

Dalam kesempatan itu, Mayor Jenderal Dato Sri Pahlawan Aminan juga mengaku takjub dengan pesatnya pembangunan Aceh saat ini, sehingga kesan Banda Aceh sebagai kota yang pernah dilanda musibah tsunami juga sudah terlihat lagi. “Kami doakan semoga ke depan Aceh semakin maju dan mendapat perlindungan dari Allah,” tandas SP Aminan.

Kunjungan ke Masjid Raya dilakukan Mayor Jenderal Dato Sri Pahlawan Aminan Bin Pangeran Haji Mahmud setelah kembali dari mengantar oleh-oleh Sultan Brunei kepada santri pesantren Miftahul Fatayat di Aceh Jaya.

Data dihimpun, pesantren yang dikunjungi oleh Pangab Brunei Darussalam ini berada di Gampong Ladang Baro, Kecamatan Panga, Aceh Jaya. Hubungan Kerajaan Brunei Darussalam dengan masyarakat Panga sudah terjalin sejak musibah tsunami 2004 lalu. Karena saat itu tentara Kerajaan Brunei dikerahkan untuk membantu korban tsunami di wilayah tersebut.

Catatan Serambi, petinggi Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darusalam rutin berkunjung ke Panga, Aceh Jaya, terutama menjelang atau pada saat Bulan Suci Ramadhan. Hal itu untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat Aceh, khususnya warga Panga.

Dalam kunjungan tahun ini, Panglima ABDB Mayor Jenderal Dato Sri Pahlawan Aminan tiba di Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Kamis (24/5) pagi.

Sebelumnya, ia bertolak dari Medan, Sumatera Utara. Di Bandara SIM, ia disambut Kasdam IM Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto dan Danlanud SIM, Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos.

Kemudian dengan menaiki Heli Bell 412 TNI AD yang diawaki Lettu Cpn Jati Fathoni, rombongan Brunei Darussalam dan Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin bertolak dari Bandara SIM menuju Gampong Ladang Baro, Aceh Jaya.

Kedatangan Mayor Jenderal Dato Sri Pahlawan Aminan dan rombongan, disambut oleh Komandan Kodim 0114, Aceh Jaya Letkol Kav Andhie Suryatama bersama bersama Forkopimda dan warga Desa Ladang Baro. Panglima Brunei juga menyerahkan uang santunan dan kurma untuk pesantren dan masjid setempat. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved