Jepang-Pemko Wacanakan Kerja Sama

Pemerintah Kota Toyama, Jepang, menawarkan sejumlah kerja sama untuk Pemko Banda Aceh, salah satunya adalah pengelolaan air bersih

net
Ilustrasi 

* Pengelolaan Air Bersih

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Toyama, Jepang, menawarkan sejumlah kerja sama untuk Pemko Banda Aceh, salah satunya adalah pengelolaan air bersih. Hal itu dibahas dalam pertemuan delegasi kedua kota, Jumat (25/5), di Balai Kota Banda Aceh.

Kedatangan rombongan dari Jepang dipimpin Manager Divisi Kebijakan Lingkungan Pemerintah Kota Toyama, Koshin Takata. Mereka disambut Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, dan sejumlah kepala Dinas dan jajaran Pemko Banda Aceh.

Sejumlah permasalahan yang dibahas yaitu transportasi publik, energi terbarukan, dan pengelolaan air bersih. Dalam pengelolaan air bersih, Kota Toyama sudah berhasil saat bekerjasama dengan beberapa kota lain di Indonesia.

Koshin Takata, mengatakan, kedatangan mereka untuk membahas sejumlah kerja sama, terutama yang terkait penyediaan air bersih. Nanti pembahasan kedua pihak akan dituangkan dalam nota perjanjian kerja sama. “Kita berharap bisa membantu memecahkan masalah yang ada di Kota Banda Aceh dan itu juga akan menjadi prestasi tersendiri bagi Kota Toyama,” ujar Koshin.

Dia menambahkan, Kota Toyama sudah memiliki sistem dan pengalaman pengelolaan air yang baik. Mereka memanfaatkan sumber air pegunungan yang diolah untuk disalurkan kepada 420 ribu jiwa warganya.

Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, mengatakan, dalam pengelolaan air bersih di Banda Aceh masih terdapat tiga kendala, yaitu pada unit produksi, jaringan induk, dan jaringan tersier atau jaringan penghubungan dari jaringan induk ke pelanggan.

Dalam kunjungan ke Banda Aceh, Zainal juga mengajak perwakilan Toyama mengunjungi unit produksi PDAM Tirta Daroy. Sehingga kedepan, mereka dapat menentukan sektor yang sangat layak dilakukan kerja sama.

Zainal berharap dengan kerja sama ini, penyediaan air bersih untuk masyarakat bisa terlayani dengan baik, sesuai target, yakni di awal tahun 2020 persoalan air bersih di Banda Aceh tuntas.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved