Pemilu 2019

BREAKING NEWS - Ini 27 Calon Anggota DPD Asal Aceh yang Lolos Verifikasi Administrasi

Dari 27 nama itu, sebanyak 16 nama, sebelumnya telah dinyatakan oleh Komisioner KIP Aceh periode 2013-2018, lolos verifikasi administrasi.

BREAKING NEWS - Ini 27 Calon Anggota DPD Asal Aceh yang Lolos Verifikasi Administrasi
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menarik sampel bakal calon DPD RI untuk diverifikasi faktual dalam rapat pleno terbuka di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Senin (28/5/2018). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Senin (28/5/2018) hari ini, menggelar rapat pleno terbuka penentuan sampel dukungan pemilih perseorangan calon peserta Pemilihan Umum anggota DPD Aceh tahun 2019 di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh.

Rapat dipimpin oleh Komisioner KPU RI, Iham Saputra bersama empat komisioner lainnya yaitu Wahyu Setiawan, Pramono Ubaid Tanthowi, Hasyim Asy'ari, dan Viryan.

Rapat itu dihadiri sejumlah komisioner KIP kabupaten/kota dan para bakal calon DPD RI. Rapat dimulai pukul 11.40 WIB dan masih berlangsung hingga sore.

Dalam rapat itu, sebelum pengambilan sampel dukungan masing-masing bakal calon, Komisioner KPU RI, Hasyim Asy'ari membacakan 27 nama bakal calon anggota DPD RI asal Aceh yang sebelumnya dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Dari 27 nama itu, sebanyak 16 nama, sebelumnya telah dinyatakan oleh Komisioner KIP Aceh periode 2013-2018, lolos verifikasi administrasi. Sedangkan 12 di antaranya dinyatakan belum memenuhi syarat, lantaran tidak mampu memenuhi syarat dukungan sebagaimana ditentukan.

Ke-12 orang itu kemudian diberi kesempatan untuk memperbaiki syarat dukungan mereka hingga 24 Mei lalu, saat KIP masih dijabat oleh Ridwan Hadi Cs sebelum diambil alih oleh KPU RI.

Seiring mencuatnya polemik pelantikan tujuh Komisioner KIP Aceh yang baru, pada 24 Mei lalu, KPU RI pun resmi mengambil alih kerja-kerja KIP Aceh. Bahkan, pleno verifikasi hasil perbaikan para bakal calon yang belum memenuhi syarat tak jadi dilakukan komisioner lama pada Kamis 24 Mei, karena KPU RI menegaskan secara lisan telah mengambil alih KIP Aceh.

(Baca: Mahathir Batalkan Proyek Kereta Api Cepat Singapura-Kuala Lumpur, Perusahaan China Gigit Jari?)

(Baca: Tuan Guru Bajang Diperiksa KPK Pekan Lalu, Terkait Kasus Apa? Ini Penjelasannya)

Hingga akhirnya, pleno verifikasi hasil perbaikan itu dilakukan oleh KPU RI di Jakarta sehari setelah itu.

Tadi, dalam rapat pleno di Hermes Palace Hotel, tim LO dari salah satu bakal calon DPD RI bertanya, mengapa mereka yang sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat tidak dipanggil untuk menghadiri rapat pleno verifikasi hasil perbaikan karena telah menyerahkan dukungan perbaikan mereka.

Halaman
1234
Penulis: Subur Dani
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved