Ulama Mesir Isi Daurah Alquran

Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh menggelar Daurah Alquran Internasional yang berlangsung selama 12 hari

Ulama Mesir Isi Daurah Alquran
IST
Ulama Qiraat dari Mesir, Syeikh Sayyid Harun, bersama tim Tahsin IKAT, mengisi Seminar Tahsin Alquran, di Aula Islamic Centre, Lhokseumawe, Senin (21/5/2018). 

BANDA ACEH - Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh menggelar Daurah Alquran Internasional yang berlangsung selama 12 hari, 26 Mei hingga 6 Juni 2018 di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lubok, Ingin Jaya, Aceh Besar. Daurah Internasional itu menghadirkan ulama qira’at dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, Syaikh Sayyid Bin Harun Abu Ad-Dahab.

Kegiatan itu diikuti seratusan peserta, terdiri atas siswa, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Para peserta mendapatkan ilmu mengenai bacaan Alquran yang benar atau tajwid langsung dari Syaikh Sayyid.

Ketua IKAT Aceh, H Fadhil Rahmi Lc, kemarin mengatakan, kegiatan Daurah Internasional belajar tajwid Alquran bersanad itu sudah menjadi agenda rutin IKAT selama Ramadhan, namun tahun ini mereka mendatangkan guru langsung dari Mesir.

(Baca: Ustaz Abdul Somad Pilih Tampil di TV One dan Tolak TV Lain, Bukan karena Bayaran Tapi Ini Alasannya)

Menurutnya, Syaikh Sayyid yang dihadirkan itu merupakan guru dari guru-guru di IKAT, yang selama ini rutin mengajarkan tahsin. Selain itu, Syaikh Sayyid juga memiliki sanad langsung kepada Nabi Muhammad Saw.

“Syaikh Sayyin Harun ini pemegang sanad tertinggi untuk qiraad, terutama qiraad sughra, beliau juga merupakan silsilah ke 29 dari Nabi Muhammad SAW, jadi di Mesir selama ini beliau merupakan guru dari guru-gurunya yang ada IKAT,” ujar Fadhil Rahmi.

Ia mengatakan, kegiatan untuk untuk mengajarkan masyarakat Aceh mengenai cara membaca Alquran yang benar. Sebelumnya IKAT sudah rutin berkeliling 23 kabupaten/kota untuk mengajarkan tahsin kepada imam masjid, imam meunasah, santri, dan masyarakat umum. Dengan harapan , kedepan di Aceh terdapat satu orang dari satu gampong yang sudah mengikuti pelatihan tahsin dan mampu membaca dengan tajwid yang benar.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved