INFO HAJI

Jamaah Haji Aceh Kloter Pertama Berangkat 4 Agustus, Berikut Info Penting yang Harus Diketahui

Mulai musim haji 1439 H/2018 ini, proses perekaman sidik jari dan verifikasi data biometriks dilaksanakan di asrama haji.

Jamaah Haji Aceh Kloter Pertama Berangkat 4 Agustus, Berikut Info Penting yang Harus Diketahui
RATUSAN ribu jamaah haji melaksanakan shalat Ashar, saat seratusan jamaah yang mengalami cacat tubuh mengelilingi Kakbah melalui jembatan yang dibangun khusus untuk para penyandang cacat di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (8/10). AFP/FAYEZ NURELDINE 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Seluruh kelompok terbang jamaah haji embarkasi Aceh (kloter BTJ) tahun 2018, masuk dalam pemberangkatan gelombang ke II.

Dengan demikian, Kloter pertama embarkasi Aceh (BTJ 01) dijadwalkan masuk Asrama Haji Embarkasi Aceh pada Jumat 3 Agustus 2018.

Para tamu Allah ini berangkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAIA) Jeddah pada Sabtu, 4 Agustus 2018.

“Tahun ini Kloter haji Aceh masuk dalam keberangkatan gelombang kedua, untuk Kloter pertama Embarkasi Aceh akan berangkat atau take off pada tanggal 4 Agustus 2018,” ujar Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, melalui siaran pers yang dikirim Humas Kemenag Aceh, kepada Serambinews.com, Ahad (3/6/2018).

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Aceh juga menyampaikan bahwa proses qur'ah (pengundian) Pemondokan Jamaah Haji Wilayah Makkah tahun 1439 H/2018 M untuk Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia, termasuk Embarkasi Haji Aceh, telah selesai dilaksanakan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Jakarta selama tiga hari, 30 Mei sampai 1 Juni 2018.

“Penetapan maktab dengan cara pengundian ini merupakan tahapan penyelenggaraaan haji, setelah pada Sabtu (12 Mei) lalu, di provinsi telah disusun komposisi untuk 11 kloter penuh (BTJ 01 - BTJ 11) dan satu kloter gabungan (BTJ-12),” kata Daud Pakeh.

Proses Imigrasi

Kakanwil sebutkan, mulai musim haji 1439 H/2018 ini, bagi calon jamaah haji di 13 embarkasi, termasuk Embarkasi Haji Aceh (BTJ), proses perekaman sidik jari dan verifikasi data biometriks dilaksanakan di asrama haji.

Bahwa ini satu langkah inovatif, mempercepat proses keimigrasian pada saat jamaah haji memasuki bandara Arab Saudi.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved