Luar Negeri

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Terima Warisan Harta Kekayaan Kerajaan Senilai Rp 422 Triliun

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn secara resmi menerima warisan harta kekayaan kerajaan senilai 30 miliar dolar AS atau sekitar Rp 422 triliun.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Terima Warisan Harta Kekayaan Kerajaan Senilai  Rp 422 Triliun
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn resmi menerima warisan kerajaan Thailand sebesar 30 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 422 triliun.(AFP / PANUPONG CHANGCHAI / THAI NEWS PIX) 

SERAMBINEWS.COM, BANGKOK - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn secara resmi menerima warisan harta kekayaan kerajaan senilai 30 miliar dolar AS atau sekitar Rp 422 triliun.

Raja yang naik tahta pada Oktober 2016 itu telah menandatangani pengambilalihan kekayaan milik kerajaan Thailand pada Sabtu (16/6/2018) lalu.

Raja Maha Vajiralongkorn menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej, yang telah mangkat, usai memerintah selama tujuh dekade, sejak 1946.

Baca: Ini Daftar 10 Besar Negara Teraman di Dunia, Indonesia ada di Peringkat 9

Baca: Angin Kencang, Dua Mahasiswi Asal Aceh Utara Tertimpa Tiang Listrik di Pijay

Pihak kerajaan Thailand tidak pernah mengumumkan jumlah kekayaan kerajaan secara pasti kepada publik dan dilindungi oleh hukum kerajaan dari segala bentuk pemeriksaan.

Namun para pakar memperkirakan, Dinasti Chakri, yang kini berkuasa di kerajaan Thailand, merupakan dinasti kerajaan terkaya di dunia.

Menurut majalah Forbes pada 2011, Raja Bhumibol memiliki kekayaan lebih dari 30 miliar dolar AS dan menempati peringkat teratas orang terkaya di dunia.

Pada masa Raja Bhumibol, sebagian besar kekayaan milik kerajaan tersebut dikelola oleh Biro Kekayaan Mahkota (CPB) yang tidak transparan.

Baca: Lagi Musibah Rumah Terbakar, Kali Ini di Bener Meriah

Baca: PMI Banda Aceh Bantu Sembako untuk Korban Kebakaran di Gampong Ilie

Namun diyakini mencakup kepemilikan properti dan investasi di perusahaan-perusahaan besar.

Namun mulai Juli tahun lalu, junta Thailand telah mengubah undang-undang kekayaan kerajaan yang berlaku sejak 69 tahun lalu dan memberikan Raja Vajiralongkorn kewenangan penuh atas CPB.

Perubahan tersebut dipandang sebagai salah satu langkah yang diambil Raja Vajiralongkorn untuk meningkatkan kewenangannya atas birokrasi di kerajaan dan kendali atas kekayaan kerajaan usai mengambil alih tahta.

Baca: Pasang Jaring Ikan, Nelayan Bireum Bayeun Digulung Ombak di Depan Mata 4 Temannya

Baca: Murid Aceh Utara Tenggelam di Laut Bireuen Kemarin, Jasadnya Ditemukan Terdampar Maghrib Tadi

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved