Bupati dan Wabup Sidak SKPD

Pascalibur bersama Idul Fitri 1439 Hijriah, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wabup Aceh Besar

Bupati dan Wabup Sidak SKPD
MAWARDI ALI, Bupati Aceh Besar

* Tingkat Kehadiran ASN Pemko 99,6 Persen

BANDA ACEH - Pascalibur bersama Idul Fitri 1439 Hijriah, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wabup Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab secara terpisah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah SKPD dalam lingkup Pemkab Aceh Besar, Kamis (21/6).

Bupati mengawali sidak didampingi Kabag Humas dan Protokol Setdakan Aceh Besar Muhammad Basir SSTP MSi, yang dimulai pukul 08.30 Wib ke Kantor Camat Ingin Jaya, UPTD kependudukan dan kantor PTSP Lambaro. Selanjutkan menuju Kantor Camat Darul Imarah, Darul Kamal, Simpang Tiga, Sukamakmur, Montasik dan Blang Bintang, serta sejumlah Puskesmas.

“Kami melihat, jumlah kehadiran PNS pascalibur Idul Fitri 1439 H sangat baik. Mudah-mudahan hal ini dapat terus ditingkatkan di waktu-waktu berikutnya, sehingga pelayanan publik dapat berlangsung baik,” harap Mawardi.

Dalam sidak tersebut, bupati langsung memanggil dan mencontreng sendiri daftar hadir para pegawai negeri, pegawai kontrak dan bakti sambil memberi arahan bahwa berdasarkan surat edaran dan instruksi Mendagri untuk memberikan sanksi tegas bagi aparat pemerintahan yang indispliner. “Jangan ada perpanjangan cuti lagi setelah libur panjang, berilah pelayanan yang terbaik mulai hari ini bagi masyarakat,” pinta Mawardi kepada para camat dan pegawai.

Beberapa daftar nama PNS dan pegawai kontrak yang sudah ada ditangan Bupati karena tidak hadir pada hari pertama akan dipanggil ke Jantho untuk diberi peringatan dan dievaluasi.

Sementara Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab didampingi Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, Asisten II M Ali SSos MSi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya juga melakukan sidak ke sejumlah SKPD. Dalam kesempatan itu Wabup dan rombongan berkesempatan sidak ke Dinas PUPR Dinas Kesehatan, Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Disdukcapil.Ia berharap, supaya PNS bisa bekerja secara baik dan sungguh-sungguh untuk melayani masyarakat.

Sementara itu, tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh pada hari pertama masuk kerja pascacuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H, kemarin, mencapai 99,6 persen. Kabag Humas Setdako Banda Aceh, T Taufik Mauliansyah, menyebutkan, berdasarkan data dari pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Banda Aceh, dari total 3.649 ASN baik yang PNS maupun Non PNS, hanya 15 orang yang alpa.

Menurutnya, selain 15 orang yang tak masuk kerja tanpa keterangan yang sah, ada 16 pegawai yang sakit dan 35 lain sedang dalam masa cuti, izin, dan tugas belajar. “Memang pegawai tidak dibenarkan mengajukan izin atau cuti tambahan pada hari ini kecuali untuk hal-hal yang urgent seperti musibah atau kemalangan.”

“Kepada mereka yang alpa, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan akan diberikan sanksi administratif berupa pemotongan gaji atau TPK hingga 75 persen bahkan penundaan kenaikan gaji berkala dan pangkat,” kata Taufik.

Ia menambahkan, pagi seusai memimpin apel bersama di halaman balai kota, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama wakilnya Zainal Arifin dan Sekda Bahagia juga melakukan sidak ke sejumlah SKPK.

“Alhamdulillah ada beberapa SKPK termasuk yang disidak langsung oleh Pak Wali tingkat kehadiran pegawainya mencapai 100 persen,” katanya seraya mengatakan tahun ini pihaknya menurunkan sembilan tim untuk mengecek kehadiran pegawai di seluruh SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh.

“Tadi Pak Wali Kota berkunjung ke Disdukcapil, DPMPTSP, RSUD Meuraxa, dan beberapa unit kerja lainnya. Sesuai instruksi beliau, kita ingin memastikan pelayanan publik di Banda Aceh tidak terganggu pada hari pertama masuk kerja pascalebaran tahun ini,” pungkasnya.(aji/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved