Pemerintah Anggap Penting PTS

Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Faisal A Rani SH MHum mengatakan, Pemerintah Indonesia menganggap penting

Pemerintah Anggap  Penting PTS
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Banda Aceh mengikuti seminar nasional yang dilaksanakan DEMA FEBI UIN Ar-Raniry, Selasa (8/5/2018). 

BANDA ACEH - Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Faisal A Rani SH MHum mengatakan, Pemerintah Indonesia menganggap penting keberadaan dan peran perguruan tinggi swasta (PTS), terutama karena terbatasnya kemampuan PTN menampung para mahasiswa untukdididik sebagai calon intelektual harapan bangsa.

Untuk itu, para pengelola PTS di Aceh harus bersungguh-sungguh menyelenggarakan pendidikan sesuai amanat tridarma perguruan tinggi dan meningkatkan kualitas lulusan, mengingat daya saing semakin ketat.

“Supaya masyarakat tidak tertipu maka kita harus selalu meningkatkan kapasitas kita sebagai PTS. Kita tak boleh jalan sendiri-sendiri. Harus bersinergi sesama PTS dan bersinergi dengan PTN. Mari kita tingkatkan kapasitas lulusan masing-masing agar mampu mengungguli persaingan yang semakin kompetitif,” ujar Prof Faisal A Rani saat menyampaikan sambutan dalam acara Silaturahmi Keluarga Besar Kopertis XIII Wilayah Aceh di Sekretariat Kopertis, Kompleks Perumahan Dolog, Banda Aceh, Rabu (22/6) siang.

Faisal juga menyatakan, Kopertis XIII yang dibentuk sejak 14 Januari 2014 hingga kini belum memiliki kantor permanen. Kantor yang ada sekarang masih berstatus sewa setelah pindah dari kantor lama di Gedung B Dinas Pendidikan Aceh. Untuk itu, kata Faisal, awal tahun depan akan dimulai pembangunan kantor Kopertis XIII di atas kapling tanah yang dibeli beberapa tahun lalu di kawasan Alur Naga, Banda Aceh. “Dengan adanya kantor permanen nantinya, kinerja kita harapkan makin meningkat dan pelayanan lebih optimal,” kata Faisal.

Acara silaturahmi pasca-Lebaran itu dihadiri sekitar 250 peserta, terdiri atas pimpinan dan para dosen 109 PTS di Aceh, staf Kopertis, dan para undangan. Hadir juga Sekretaris Pelaksana Kopertis XIII, Dr Ilham Maulana MT.

Dalam ajang silaturahmi bertema Indahnya Kebersamaan, Tingkatkan Kepedulian Supaya Menjadi Insan yang Bertakwa itu Kopertis mengundang Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Drs Muharrir Asy’ari Lc, MAg sebagai penceramah.

Dalam ceramah singkatnya Muharrir mengatakan, salah satu ciri orang beriman adalah suka menyambung persaudaraan. Ia juga mengutip sebuah hadis yang intinya tidak akan masuk surga orang yang memutus tali persaudaraan.

Muharrir juga mengutip kisah dari sebuah hadis ketika Rasulullah ditanya seorang sahabat tentang perbuatan apa kira-kira yang dapat mengantar seorang muslim ke surga. Nabi Muhammad saw menjawab: sembahlah Allah dan jangan persekutukan Dia, tegakkan shalat, tunaikan zakat, dan sambunglah persaudaraan. “Inti silaturahmi adalah persaudaraan. Apabila persaudaraan terasa putus, kita harus berani untuk menyambungnya,” imbuh Muharrir. (dik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved