Breaking News:

Minyak Tumpah Akibat Kapal Tanker Tabrak Dermaga, Ratusan Burung Mengalami Luka

Rijkswaterstaat, bersama dengan organisasi peduli binatang di Belanda, mendirikan rumah sakit hewan “darurat” yang mampu membersihkan 500 burung

Editor: Fatimah
ANP/AFP/Gino Press
Secara keseluruhan, baru 300 burung yang berhasil ditangkap dan dibersihkan dari tumpahan minyak. 

SERAMBINEWS.COM - Petugas penyelamat hewan dengan panik membersihkan ratusan burung di pelabuhan Rotterdam, Senin (25/6). Pada akhir pekan lalu, sekitar 200 ton minyak tumpah di sana setelah kapal tanker menabrak dermaga.

“Kami bekerja keras membersihkan ratusan burung dan angsa,” kata Anneke Heinecke dari badan pengelolaan air Belanda, Rijkswaterstaat.

“Burung-burung tersebut diselimuti oleh minyak. Tidak mudah untuk menangkap dan membersihkan mereka,” tambah Heinecke.

Baca: Di Luar Dugaan, Selisih Pilkada Subulussalam 12 Persen, Partisipasi Pemilih Capai 93 Persen

Rijkswaterstaat, bersama dengan organisasi peduli binatang di Belanda, mendirikan rumah sakit hewan “darurat” yang mampu membersihkan 500 burung dari tumpahan minyak serta merawat luka mereka.

Secara keseluruhan, saat ini, baru 300 burung yang berhasil ditangkap dan dibersihkan. 

Baca: Kerap Jadi Lokasi Hilangnya Pesawat dan Kapal, Ini Kesaksian Para Pilot Penyintas Segitiga Bermuda

Sementara itu, pada Senin siang, 100 ton minyak sudah berhasil dilenyapkan dari pelabuhan. “Enam kapal pembersih disediakan di wilayah tumpahan,” ujar pihak pelabuhan dalam sebuah pernyataan.

“Perlu waktu beberapa hari lagi agar minyak benar-benar hilang,” imbuh mereka.

Baca: Cara Mudah Pantau WhatsApp Anak, Lihat dengan Siapa dan Apa Isi Chattingannya

Kapal tanker Bow Jubail yang mengalami kecelakaan tersebut berasal dari  perusahaan transportasi dan alat pengangkut minyak Norwegia, Odfjell. Pelabuhan Rotterdam menegaskan, pemilik harus bertanggung jawab penuh atas tumpahan minyak.

Dewan Keselamatan Belanda – yang menyelidiki kecelakaan industri – juga menyatakan akan pergi ke lokasi kejadian dan melakukan pemeriksaan.

Baca: Ini Dokumen yang Harus Disiapkan untuk Mendaftar CPNS 2018 Bagi Lulusan Sarjana, D3 dan SMA

Ini bukan pertama kalinya tumpahan minyak terjadi di pelabuhan Rotterdam. Salah satu tragedi tumpahan terbesar, terjadi pada 2007 ketika kapal tanker merusak dermaga saat badai musim dingin. Kecelakaan itu merusak jaringan pipa dan menumpahkan minyak seluas 800 meter kubik. Kerugian mencapai jutaan euro dan perlu waktu sebulan untuk membersihkannya.

Artikel ini tayang pada National Geographic Indonesia dengan judul : Ratusan Burung Mengalami Luka Setelah Terkena Tumpahan Minyak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved