BPOM Pastikan bahwa Produk Susu Kental Manis Mempunyai Kandungan Susu

Kepala BPOM Penny K Lukito menyatakan, susu kental manis mengandung susu yang dipekatkan sebelum ditambahkan gula yang menjadikannya manis.

BPOM Pastikan bahwa Produk Susu Kental Manis Mempunyai Kandungan Susu
Ngopibareng.id
Susu Kental Manis 

SERAMBINEWS.COM - Produk susu kental manis masih menjadi perbincangan warga internet hingga saat ini.

Soal itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa produk susu kental manis mempunyai kandungan susu.

Kepala BPOM Penny K Lukito menyatakan, susu kental manis mengandung susu yang dipekatkan sebelum ditambahkan gula yang menjadikannya manis.

“Air (susu)-nya dikeluarkan, di-evaporate, di-condense, dikentalkan kemudian ditambah gula. Jadi lemaknya itu terkonsentrasi terus ditambah gula,” kata Penny saat konferensi pers di Kantor BPOM, Senin (9/7).

(Baca: BPOM Nyatakan Susu Kental Manis Tak Mengandung Susu: Ini Bahaya di Balik Susu Kental Manis)

(Baca: Kemenkes Ingatkan Dampak Buruk Susu Kental Manis Bagi Anak)

(Baca: Nissa Sabyan di DM Artis Ternama, Jawabannya Bikin Para Fans Senang)

Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM Tetty Sihombing mengamini pernyataan Penny.

Ia mengatakan, produk susu kental manis dapat dibuat dari susu cair yang dipekatkan atau susu bubuk yang dicampur dengan gula dan sebagainya.

Ia menyebutkan, BPOM telah mengatur kandungan gula dan lemak dalam produk susu kental manis agar masih dapat disebut susu.

"Yang harus diikuti dalam persyaratan susu kental manis adalah kandungan lemak susu tidak kurang dari delapan persen, protein kurang dari enam setengah persen," kata Tetty.

(Baca: Iklan Susu Kental Manis Sering Dinarasikan Bernutrisi, Mengapa Selama Ini Tidak Ada yang Menindak?)

Sementara kandungan gula yang berada di dalam susu kental manis ditujukan sebagai alat pengawet.

"Jadi kalau industrinya bermain-main dengan kandungan lemak susu dan protein, dia harus mengatur agar kandungan gula ini berfungsi sebagai pengawet," ujar dia.

Karena itu, Tetty memgimbau masyarakat agar senantiasa memperhatikan label kandungan gizi sebelum mengonsumsi produk susu kental manis.

(Baca: Nova Iriansyah Bantah Ikut ‘Bermain’)

Kita tahu, sebelumnya BPOM mengeluarkan Surat Edaran bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3).

Beredarnya surat tersebut menggegerkan masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa produk susu kental manis dapat digunakan sebagai pengganti susu dalam memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini tayang pada Intisari Online dengan judul : BPOM Memastikan bahwa Produk Susu Kental Manis Mempunyai Kandungan Susu

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved