RSUZA Operasi Cangkok Ginjal Ketiga Kalinya, dari Adik Perempuan ke Abang Kandung

Satu kamar untuk mengangkat ginjal, sedangkan satu lagi untuk menerima ginjal dari pendonor.

RSUZA Operasi Cangkok Ginjal Ketiga Kalinya, dari Adik Perempuan ke Abang Kandung
SERAMBINEWS.COM/EDDY FITRIADY
Suasana di ruang operasi cangkok ginjal RSUZA. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh kembali melakukan operasi transplantasi (cangkok) ginjal untuk ketiga kalinya.

Tim medis RSUZA dibantu Tim Transplantasi Ginjal Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, melakukan operasi cangkok ginjal terhadap Muharuddin (44) yang menerima donor ginjal dari adik kandungnya, Sri Muliana (39).

Informasi itu disampaikan Direktur RSUZA, Dr dr Azharuddin SpOT(K) didampingi Wadir Bidang Pelayanan, Dr dr Endang Mutiawati SpS(K) kepada Serambinews.com, Senin (9/7/2018).

Baca: RSUZA Sukses Lakukan Cangkok Ginjal Kedua

Azharuddin bersyukur pihaknya tidak mengalami kendala berarti dalam proses transplantasi ginjal ketiga di RS tersebut, sebab donor ginjal berasal dari kerabat terdekat, yakni saudari kandung pasien gagal ginjal.

“Kami optimis operasi ini dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi. Namun demikian, kami akan fokus terhadap home care atau home visit pascaoperasi,” ujarnya.

Baca: Kondisi Pasien Cangkok Ginjal Membaik

Menurut dia, kondisi pasien setelah transplantasi ginjal rawan penolakan, untuk itu pasien penerima donor diusahakan tetap berada di Banda Aceh selama 6 bulan ke depan untuk pmeriksaan lanjutan.

Sementara itu, Wadir Bidang Pelayanan RSUZA, Dr dr Endang Mutiawati SpS(K) mengatakan, operasi dimulai sejak pukul 8 pagi pada dua kamar operasi yang berdekatan.

Satu kamar untuk mengangkat ginjal, sedangkan satu lagi untuk menerima ginjal dari pendonor. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved